Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Edy Rahmayadi Minta Warga Sumut Rayakan Lebaran di Rumah

Suasana perayaan Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi Covid-19 akan sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  13:29 WIB
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (topi hitam) bersama petani memanen bawang merah di Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (2/5 - 2020). /ANTARA
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (topi hitam) bersama petani memanen bawang merah di Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (2/5 - 2020). /ANTARA

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara meminta masyarakat untu k tidak melakukan mudik dan tetap berada di rumah saat Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah yang akan jatuh pada esok, Minggu (24/5/2020).

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengatakan suasana perayaan Idulfitri tahun ini memang berbeda karena dunia tengah dilanda pandemi virus corona (Covid-19). Dia menekankan, masyarakat harus tetap bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk merayakan Idulftri walaupun dengan suasana yang amat berbeda.

Edy mengajak warga di Sumatra Utara memaknai Idulfitri  dengan semangat memutus mata rantai penyebaran virus. Untuk itu, dia meminta masyarakat tidak melakukan mudik dan tetap berada di rumah. 

"Tanpa mudik, sayangi keluarga, tetap berada di rumah. Lebih aman di rumah saja. Selalu terapkan protokol kesehatan dan ikuti imbauan pemerintah," katanya dikutip dari video berdurasi 2:32 menit di instagram Humas Sumut.

Sebagai informasi, penambahan kasus baru positif Covid-19 di Sumatra Utara masih terjadi. Hingga Jumat (22/5/2020), total kasus positif Covid-19 di Sumatra Utara sebanyak 285 orang, bertambah 12 orang dari hari sebelumnya.

Penderita Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh bertambah 15 menjadi 102 orang. Sementara penderita Covid-19 meninggal dunia menjadi 32 orang, bertambah 1 orang dari hari sebelumnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatra Utara Aris Yudhariansyah mengkonfirmasi bahwa penambahan kasus baru positif Covid-19 bukan berasal dari hasil pemeriksaan swab terhadap 14 karyawan Brastagi Supermarket beberapa waktu lalu. Pihaknya saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan tersebut.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan menggelar rapid test terhadap 108 karyawan Brastagi Supermarket pada Selasa (19/5/2020), setelah seorang karyawan yang bertugas sebagai kasir terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 14 orang di antaranya menunjukkan hasil reaktif.

"Mereka akan dites swab lagi. Hasilnya akan keluar beberapa hari lagi," terang Kasubag Humas Pemko Medan Ar-Rahman Pane ketika itu. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran lebaran idulfitri covid-19
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top