Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumatera Selatan Pastikan Stok Beras Aman

Persediaan di Kawasan Ogan Komering Ulu (OKU) Raya yang meliputi Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan bisa bertahan sampai satu tahun ke depan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 23 April 2020  |  17:07 WIB
petani di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, memanen padi di sawahnya. istimewa
petani di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, memanen padi di sawahnya. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan memastikan ketersediaan pangan khususnya beras di sejumlah daerah di provinsi itu masih aman. 

Bahkan, persediaan di Kawasan Ogan Komering Ulu (OKU) Raya yang meliputi Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan diprediksi bisa bertahan sampai satu tahun ke depan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya sudah memantau langsung ketersediaan beras di daerah.

“Saya melakukan monitorin untuk memastikan stoknya ada. Saat ini stok beras di OKU Raya saya pastikan aman. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya, Kamis (23/4/2020).

Dia menerangkan, amannya persediaan beras di sejumlah daerah ini membuktikan jika produktivitas para petani tidak terganggu di tengah pandemi Covid-19.

“Petani juga berperan dalam hal ini. Memang harus disiasati agar produktifitas ini tidak terganggu,” katanya.

Salah satunya mengatur cara panennya agar efektif sehingga kualitas pangannya tidak rusak karena terlambat panen. 

Petani pun, kata dia, telah menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan ketersediaan masker harus tetap terjaga, karena panen ini ditengah pandemi Covid-19.

Selain itu, dia juga mengingatkan soal distribusi beras bagi masyarakat penerima bantuan. Dimana distribusinya harus sesuai dengan aturan yang ada sehingga tepat sasaran.

“Bantuan untuk masyarakat juga harus dicermati, jangan salah sasaran. Perlu pengawasan ketat dalam pendistribusiannya,” katanya.

Bahkan, dia juga menekankan agar pemerintah daerah, Kecamatan, Kelurahan, Desa, RT, RW, hingga masyarakat turut ambil peranan untuk melakukan pengawasan.

“Mulai dari pemerintah tertinggi hingga masyarakat harus awasi distribusinya.  Laporkan jika ada kecurangan. Ini harus tepat diberikan kepada penerimanya,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top