Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Desa di OKI Isolasi Mandiri

Sebanyak tiga desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, telah memberlakukan isolasi mandiri untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, telah memberlakukan isolasi mandiri untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona.

Langkah isolasi tersebut ditempuh pihak desa setelah adanya salah satu warga yang dinyatakan positif Covid-19.

Adapun ketiga desa yang berada di Kecamatan Teluk Gelam tersebut, yakni Desa Panca Tunggal Benawa, Desa Sinar Harapan Mulya dan Desa Bumi Harapan.

Camat Teluk Gelam, Saparudin,mengatakan pemerintah di tiga desa ini telah memberlakukan isolasi mandiri sejak tanggal 7 April 2020.

“Meski salah satu warga yang positif Covid-19 sekarang kondisinya sudah sembuh, namun demikian warga tetap melakukan isolasi karena sebelumnya,” katanya, Rabu (22/4/2020).

Pasalnya, kata Saparudin, yang bersangkutan sempat melakukan kontak dengan warga lainnya saat menghadiri hajatan.

Yusuf Arifin, Relawan Desa Panca Tunggal Benawa, mengemukakan warga di desanya sepakat untuk melakukan isolasi secara mandiri untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kami menjaga pintu-pintu masuk desa, mendata lansia serta anak-anak dan mengimbau warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah,” katanya.

Menurut Yusuf selama isolasi mandiri, mayoritas perekonomian warga memang terdampak. Oleh karena itu, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat sangat dinanti-nanti warga desa tersebut.

Pemerintah Kabupaten OKI pun telah mengirimkan bantuan sembako ke tiga desa yang sedang memberlakukan isolasi mandiri.

Wakil Bupati OKI M. Djakfar Shodiq mengatakan sebanyak 1.550 paket sembako telah diserahkan pihaknya untuk meringankan beban masyarakat di tiga desa yang melakukan isolasi mandiri tersebut.

Djakfar menambahkan pihaknya juga telah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait istilah isolasi mandiri dan lockdown dan zona merah.

“Isolasi mandiri bukan karena daerah ini zona merah atau lockdown tapi lebih kepada upaya proteksi untuk melindungi warga,” katanya.

Sementara Maryamah (42) warga desa Panca Tunggal Benawa merasa senang menerima uluran tangan dari Pemkab OKI.

“Sejak corona ini kehidupan memang sulit. Terimakasih untuk bantuan pemerintah, semoga wabah ini cepat berlalu” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper