Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumut Siapkan 5 Tempat Pemakaman Khusus Jenazah Pasien Corona

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menyiapkan tempat pemakaman khusus di lima titik, untuk pasien Covid-19 yang meninggal.
Ilustrasi /Antara
Ilustrasi /Antara

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menyiapkan lima lokasi sebagai tempat pemakaman khusus jenazah yang positif terinfeksi virus corona (COVID-19).

"Kita siapkan lima tempat [pemakaman khusus]. Salah satunya di Simalingkar, Kota Medan," kata Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi usai meninjau kesiapan rumah sakit Martha Friska sebagai rumah sakit rujukan COVID-19, pada Rabu (1/4/2020).

Hal ini merespons masih adanya penolakan dari masyarakat terhadap jenazah pasien COVID-19 yang hendak dimakamkan. Edy menegaskan ada prosedur yang berlaku dalam pengurusan pasien COVID-19 yang meninggal. 

Pengurusan jenazah pasien COVID-19 juga dilakukan oleh petugas khusus, sehingga dipastikan aman. Oleh karena itu, dia meminta tidak ada lagi penolakan dari masyarakat terhadap jenazah pasien COVID-19.

"Ada SOP terhadap pengurusan jenazah COVID-19, sehingga kita semua aman. Tidak [boleh] ada yang menolak" imbuhnya.

Arjuna Sembiring, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, menambahkan tempat pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19 berlokasi di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan. Area pemakaman memiliki luas sekitar 1 hektare.

Sebagai informasi, data orang yang terpapar virus corona di Sumatra Utara terus bertambah. Whiko Irwan, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumatra Utara, menyampaikan jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 30 orang hingga Rabu (1/4/2020).

Adapun, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 88 orang. Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 2.970 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper