Serdang Bedagai dan Langkat Diusulkan Gabung Kawasan Mebidangro

Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Langkat akan dimasukkan  ke dalam kawasan terintegrasi Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro).
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 17 Oktober 2019  |  12:19 WIB
Serdang Bedagai dan Langkat Diusulkan Gabung Kawasan Mebidangro
Foto udara pembangunan jalan tol ruas Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, MEDAN - Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Langkat akan dimasukkan  ke dalam kawasan terintegrasi Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro).

Mebidangro merupakan Kawasan  Strategis Nasional (KSN) yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Adapun rekomendasi tersebut akan disampaikan kepada Menteri Koordinator Perekonomian.

“Catatan kita juga menyampaikan ke Menko Perekonomian RI tentang Serdang Bedagai dan Langkat agar dimasukkan,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Sumut Hasmirizal Lubis dikutip Kamis (17/10/2019).

Hasmirizal memaparkan agenda pembangunan Mebidangro yang  sudah terlaksana meliputi Bandara Kualanamu, Tol Medan-Binjai, Tol Kualanamu-Lubuk Pakam-Tebingtinggi.

Ditambah dengan  proyek Jalan Akses Non Tol Kualanamu–Percut Sei Tuan, peningkatan bus rapid transit Mebidangro, pembangunan elevated double track kereta api lintas Medan–Kualanamu, dan pembangunan terminal perti kemas Belawan, dan peningkatan IPAL Cemara.

Hazmirizal menyebutkan, ada beberapa agenda Mebidangro yang sedang atau dalam proses pembagunan di antaranya  pembangunan bendungan Lausimeme, pembangunan Jalan Tol dalam Kota Medan, peningkatan akses Medan–Berastagi.

Tak hanya itu, ada juga pembangunan LRT Mebidangro, pembangunan jalan non tol lingkar utara Mebidangro, pembangunan sistem penyediaan air minum regional kapasistas 2.000 liter/detik, pembangunan TPA regional Mebidangro, pengendalian banjir Sungai Babura dan Kera, penyediaan RTH publik, penataan DAS di hulu Kabupaten Karo, Revitalisasi Pusat Pasar Kota Medan, peningkatan RS Haji Medan, sport centre, serta botanical garden.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumatra utara, deli serdang

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top