Kota Palembang Capai UHC Pasca Integrasi Jamkesda-JKN

Kota Palembang resmi mencapai universal health coverage (UHC) di mana peserta Jaminan Kesehatan Nasional—Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS sudah sebesar 95,28% dari total penduduk kota itu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 11 September 2019  |  14:00 WIB

Bisnis.com, PALEMBANG – Kota Palembang resmi mencapai universal health coverage (UHC)  di mana peserta Jaminan Kesehatan Nasional—Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS sudah sebesar 95,28% dari total penduduk kota itu.

 

Asisten I Pemerintah Kota Palembang, Faisal AR, mengatakan jumlah penduduk yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 1,51 juta jiwa dari total 1,59 juta jiwa penduduk Palembang.

 

“Pencapaian target UHC atau jaminan kesehatan bagi seluruh warga hanya akan terwujud apabila didukung seluruh pemangku kepentingan, khususnya pemerintah daerah,” katanya, Rabu (11/9/2019).

 

Faisal mengatakan untuk mencapai UHC, Pemkot Palembang telah mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) ke dalam program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

 

Sebelumnya, Deputi Direksi BPJS Wilayah Sumsel, Babel dan Bengkulu Elsa Novelia mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah Pemkot Palembang untuk mencapai UHC.

 

“Salah satu segmen terpenting adalah didaftarkannya kepesertaan JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah melalui integrasi Jamkseda. Sampai saat ini sejumlah kabupaten/kota berpacu untuk memberikan perlindungan kesehatan untuk masyarakatnya,” jelasnya.

 

Elsa memaparkan dari 514 kabupaten/kota di Tanah Air tercatat sudah 498 kabupaten kota yang mengintegrasikan Jamkesda  ke dalam Program JKN-KIS.

 

Namun demikian, kata dia, belum semua mencapai UHC karena UHC terpenuhi pada saat telah mencapai 95% penduduknya terlindungi jaminan kesehatan.

 

“Dengan adanya komitmen dari pemerintah kota kami menyakini bahwa perlindungan kesehatan di Kota Palembang semakin meningkat dan dengan tercapainya UHC kota Palembang, semoga seluruh masyarakat di Palembang mampu mencapai derajat kesehatan yang maksimal,” paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang, jamkesda

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top