Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aldiron Pastikan Pedagang Cinde, Palembang Tempati Kios Baru Desember 2019

Ratusan pedagang Pasar Cinde dipastikan dapat berjualan di lokasi baru seiring komitmen penyelesaian pembangunan areal khusus pedagang tradisional di Aldiron Plaza Cinde oleh pengembang pada Desember 2019.
Pembangunan Aldiron Plaza Cinde oleh PT Magna Beatum/Istimewa
Pembangunan Aldiron Plaza Cinde oleh PT Magna Beatum/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Ratusan pedagang Pasar Cinde dipastikan dapat berjualan di lokasi baru seiring komitmen penyelesaian pembangunan areal khusus pedagang tradisional di Aldiron Plaza Cinde oleh pengembang pada Desember 2019.

Kepala Cabang PT Magna Beatum, Raimar, mengatakan progress proyek revitalisasi pasar tradisional Cinde menjadi pasar modern oleh Aldiron Group itu masih sesuai jadwal, meskipun terjadi beberapa kendala di lapangan.

"Saat ini kami sedang masuk tahapan pemancangan tiang-tiang, pertengahan September ini selesai. Setelahnya akhir Desember pedagang yang direlokasi dapat kembali pindah ke lokasi lama yang telah kami bangun," jelasnya, Rabu (21/8/2019).

Raimar mengemukakan terdapat 498 pedagang Pasar Cinde yang bakal menempati bangunan baru. Mereka adalah pedagang eksisting yang selama ini berjualan di lokasi tersebut sebelum Pasar Cinde dibongkar untuk revitalisasi.

Selain ratusan pedagang yang memiliki lapak, kata dia, pihaknya juga mengakomodir sekitar 50 pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan di sekitar area Aldiron Plaza Cinde.

Dia menambahkan pembangunan fisik berupa pemancangan 2.200 tiang tersebut sempat terkendala kondisi tanah di lokasi proyek.

"Seharusnya tiang pancang itu sudah selesai semua bulan ini tapi karena ada lapisan tanah hitam di lokasi membuat kami butuh waktu lagi untuk menggalinya," katanya.

Terkait progress fisik keseluruhan proyek setinggi 16 lantai itu, kata Raimar, baru mencapai 10%. Pihaknya optimistis dapat melakukan serah terima topping off pada Agustus 2020. Selanjutnya grand opening plaza tersebut ditarget pada 2021.

Diketahui, Magna Beatum menggarap proyek kerjasama bangun serah (BOT) dengan Pemprov Sumsel senilai Rp300 miliar sejak adanya perjanjian kerjasama pada Maret 2016.

Dalam perjanjian itu rencananya akan dibangun gedung dengan fungsi pasar modern, sarana perpakiran, trade mall dan tempat hiburan.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, pihaknya meminta pembangunan Plaza Cinde dipercepat, pasalnya jika berjalan lamban dapat merugikan masyarakat dan pedagang eksisting yang sebelumnya menempati kios di Pasar Cinde.

"Jika mengacu pada target, maka Oktober 2019 nanti seharusnya pedagang yang lama sudah bisa menempati kios baru, dan pada 2020 pembangunan plaza tersebut sudah selesai sepenuhnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper