Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SELFI Palembang Raih Penghargaan Inovasi Layanan Publik

Kota Palembang masuk dalam Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) atas program SELFI (Sekolah Filial Layanan Pendidikan Anak Berbasis Inklusi) dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Pakjo Palembang.

Bisnis.com, PALEMBANG – Kota Palembang masuk dalam Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) atas program SELFI (Sekolah Filial Layanan Pendidikan Anak Berbasis Inklusi) dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Pakjo Palembang.

Penghargan yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, di Gumaya Tower Hotel Semarang Provinsi Jawa Tengah, tadi malam, Kamis (19/7/2019).

Dewa mengatakan, apa yang diraih merupakan apresiasi Kementrian PAN-RB terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Palembang sendiri, meraih penghargaan ini, karena program SELFI yang menjadi terobosan yang Dinas Pendidikan Kota Palembang, dalam membantu anak-anak didik di LPKA Klas I Pakjo, dalam mendapatkan hak mendapatkan pendidikan.

"SELFI ini untuk membantu anak anak yang berhadapan dengan hukum untuk tetap bersekolah, SELFI dalam LPKA Klas I Pakjo Palembang ini ada pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA dan tenaga pengajarnya sama seperti sekolah formal lainnya," terangnya.

Tidak hanya pendidikan dari berbagai mata pelajaran yang diberikan sama layaknya sekolah diluar tembok LPKA, Ijazah para anak binaan ini juga sama halnya seperti sekolah umumnya.

"Program SELFI ini menerapkan kurikulum pelajaran yang sama pada sekolah sekolah formal pada umumnya. Ijazah merekapun terakriditasi, sehingga saat mereka kembali ke masyarakat, dapat menlanjutkan pendidikan maupun bekerja," ulasnya.

Dengan penghargaan yang diterima ini, Dewa berkeinginan SELFI bisa menjadi sekolah percontohan ditingkat nasional.

"SELFI kita sudah diakui KemenkumHam dan Dinas Pendidikan, dan kita ingin menjadi pusat pendidikan anak anak yang berhadapan dengan hukum di Provinsi Sumsel," tuturnya.

Dewa mengapresiasi terobosan yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Palembang. Pasalnya, sejak tahun 2014, baru kali ini inovasi pelayanan publik di Kota Palembang masuk kedalam 99 TOP Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan-RB.

“Program SELFI yang sudah masuk di 99 TOP Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB, kedepan akan kita kejar agar bisa masuk di 45 besar, sebagai rewardnya akan dapat bantuan dari pusat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper