Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester I/2019 Realisasi DAK Fisik Riau Masih 7,19 Persen

Hingga akhir semester pertama 2019, realisasi pencairan anggaran dana alokasi khusus atau DAK tahap satu oleh pemda di tingkat provinsi, serta kabupaten dan kota Provinsi Riau masih rendah, yakni hanya sebesar 7,19 persen.
Ilustrasi
Ilustrasi
Bisnis.com, PEKANBARU -- Hingga akhir semester pertama 2019, realisasi pencairan anggaran dana alokasi khusus atau DAK tahap satu oleh pemda di tingkat provinsi, serta kabupaten dan kota Provinsi Riau masih rendah, yakni hanya sebesar 7,19 persen.
 
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendahaan Kemenkeu Provinsi Riau Tri Budhianto mengatakan bila pemda tidak segera mengajukan pencairan, anggaran DAK tersebut terancam hangus.
 
"Sampai akhir Juni baru Rp140,18 miliar atau sekitar 7,19 persen DAK di provinsi Riau yang sudah tersalurkan, belum semua kabupaten mengajukan," katanya Selasa (9/7/2019).
 
Menurut dia, bila pemda tidak mengajukan pencairan anggaran DAK kepada Kemenkeu, sisa anggaran yang masih ada akan hangus. Hal itu disebabkan prosesnya harus berlanjut dari tahap pertama sampai tahap ketiga.
 
Dari total anggaran DAK fisik yang disiapkan pemerintah melalui APBN tahun ini untuk seluruh pemda Riau senilai Rp1,9 triliun, yang sudah diajukan pencairannya masih di angka Rp140,18 miliar atau sebesar 7,19 persen.
 
Beberapa kendala yang terjadi dan dialami pemda sehingga belum mengajukan pencairan anggaran DAK yaitu belum adanya proses lelang kegiatan.
 
"Tidak sulit untuk pencairan, karena empat syarat salah satunya data lelang, kalau Januari sampai Juni belum lelang itu salah siapa sih," katanya.
 
Karena itu dia meminta kepada seluruh jajaran pemda kabupaten dan kota untuk segera mengajukan pencairan DAK sebelum 22 Juli 2019 mendatang.
 
Adapun pada 2018 lalu, angka realisasi DAK fisik Riau mencapai 86 persen, dan DJPb Riau berharap tahun ini dapat meningkat ke posisi 100 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper