Puncak Arus Mudik di Jalan Lintas Sumatra wilayah Waykanan Diprediksi Hari Ini

Pengguna jalan di wilayah Jalinsum Kabupaten Waykanan diprediksi membeludak hari ini. Kapolres Waykanan AKBP Andi Siswantoro mengatakan bahwa puncak arus mudik di Jalan Lintas Sumatra wilayah Kabupaten Waykanan diprediksi terjadi pada Senin atau H-2 Lebaran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  09:15 WIB
Puncak Arus Mudik di Jalan Lintas Sumatra wilayah Waykanan Diprediksi Hari Ini
Ilustrasi-Sejumlah kendaraan pemudik antre masuk kapal roro untuk menyeberang ke Pulau Sumatra di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Dziki Oktomauliyadi

Bisnis.com, WAYKANAN  - Pengguna jalan di wilayah Jalinsum Kabupaten Waykanan diprediksi membeludak hari ini. Kapolres Waykanan AKBP Andi Siswantoro mengatakan bahwa puncak arus mudik di Jalan Lintas Sumatra wilayah Kabupaten Waykanan diprediksi terjadi pada Senin atau H-2 Lebaran.

“Puncak arus mudik dari luar Lampung diprediksi hari ini dan besok. Semoga arus mudik lancar dan para pemudik selamat sampai tujuan,” kata Andi di Blambangan Umpu, Waykanan, Senin (3/6/2019).

Arus mudik pada tahun ini didominasi pengguna kendaraan roda empat dan semua rata-rata dari Pulau Jawa ke arah Sumatra Selatan dan seterusnya ke daerah lain di Sumatra.

Posko-posko pengamanan arus mudik juga telah disiagakan, juga dari segi personel, tenaga kesehatan, pramuka, PMI dan lainnya.

“Kondisi jalan raya ramai lancar, tidak ada penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan panjang,” kata Andi.

Andi menjelaskan, para pemudik harus ekstra hati-hati karena terdapat beberapa titik kemacetan seperti Pasar Inpres Baradatu dan Jembatan Way Umpu yang sedang diperbaiki. 

Andi juga mengatakan bahwa ratusan kendaraan pemudik memasuki wilayah Waykanab dari Minggu pagi sampai malam, dan selanjutnya meneruskan perjalanan ke daerah lain di Sumatra.

Andi mengatakan banyak kendaraan yang melintasi wilayah Waykanan dengan tujuan Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu, Kepri, Padang, Sumut dan daerah lainnya,

Menurut Andi, bila melihat dari data pelat kendaraan, rata-rata yang melintas adalah kendaraan asal Jakarta, Semarang, Solo, Surabaya dan daerah Jawa lainnya.

Selain itu, para pengendara roda empat lebih memilih melanjutkan perjalanan pada malam hari, walau tidak sedikit yang melanjutkan perjalanan pada pagi sampai sore.

“Mobil rata-rata malam hari, sedangkan untuk motor itu pagi sampai sore,” kata Andi.

Andi mengimbau pengendara agar selalu hati-hati di jalan raya, memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan tidak kebut-kebutan yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top