Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPBD Riau: Saat ini Lahan Riau Sangat Mudah Terbakar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau menyatakan saat ini sebagian besar lahan yang ada di wilayah itu masuk dalam kategori mudah dan sangat mudah terbakar.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 Maret 2019  |  17:08 WIB
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Aswaddy Hamid
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau menyatakan saat ini sebagian besar lahan yang ada di wilayah itu masuk dalam kategori mudah dan sangat mudah terbakar.

 Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan meski curah hujan saat ini tinggi, kondisi lahan tetap mudah terbakar.
 
"Ini berdasarkan prospek cuaca yang dilaporkan BMKG stasiun Pekanbaru, hasil analisisnya memang saat ini lahan yang ada di Riau kategori mudah dan sangat mudah terbakar," katanya Rabu (27/3/2019).
 
Data BPBD Riau menunjukkan luas lahan terbakar di daerah itu sampai saat ini sudah mencapai 2.806,19 hektare, dengan wilayah terbakar paling luas di Kabupaten Bengkalis yaitu mencapai 1.275,83 hektare.
 
Akibat karhutla itu, saat ini kondisi udara berdasarkan indeks standar pencemaran udara atau ISPU beberapa daerah Riau, berada dalam kategori baik, sedangkan 2 ISPU yaitu Rumbai Pekanbaru dan Bangko Rokan Hilir berada dalam kategori sedang.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan saat ini penanganan karhutla di daerah itu masuk dalam tahap pendinginan.
 
"Alhamdulillah karhutla sudah berkurang, kalau masih ada kabut asap itu karena ada proses pendinginan karhutla, dan itu masih membutuhkan air," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpbd Kabut Asap kebakaran hutan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top