Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemadaman Karhutla di Sumsel Telan Rp1 Triliun

Biaya pemadaman api terutama di lahan gambut di Sumatra Selatan pada 2018 menghabiskan dana sekitar Rp1 triliun.
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit./Antara-Aswaddy Hamid
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit./Antara-Aswaddy Hamid

Bisnis.com, PALEMBANG – Biaya pemadaman api terutama di lahan gambut di Sumatra Selatan pada 2018 menghabiskan dana sekitar Rp1 triliun, kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen Doni Monardo.

Doni, usai rakor di Palembang pada Selasa (12/3/2019) mengatakan mengingat besarnya biaya pemadaman, perlu pencegahan sejak dini melalui sosialisasi kepada masyarakat.

“Jadi, lebih baik mencegah dengan membina masyarakat di sekitar lahan gambut sebelum terjadi kebakaran yang dapat menghabiskan uang ratusan miliiar rupiah untuk memadamkan api,” ujarnya.

Dia mengutarakan dana yang dihabiskan hingga sekitar Rp1 triliun itu terkait dengan pencegahan timbulnya kabut asap, karena di Sumsel pada 2018 itu akan digelar Asian Games.

Pada 2018 itu, lanjutnya, bencana kabut asap tidak boleh timbul seperti yang terjadi pada 2015.

Dia mengatakan dari pada dana habis untuk memadamkan api lebih baik dana tersebut diberikan kepada masyarakat.

“Saya berharap kepada jajaran TNI, Polri, dan unsur pemda agar bekerja sama dalam merawat masyarakat kita, untuk dilakukan pembinaan tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan," tuturnya.

Masyarakat bisa diberdayakan memanfaatkan lahan gambut untuk menghasilkan tanaman ekologis dan sekaligus  ekonomis seperti tanaman kopi liberica, sagu dan pohon aren.

Sehubungan dengan itu pihaknya meminta kepada para Kepala BPBD dan perangkatnya yang ada di provinsi dan kabupaten serta kota agar mennyosialisasikan kepada masyarakat supaya tidak membakar lahan gambut untuk membuka perkebunan.

"Cegah dini penting, dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sangat diharapkan," tambahnya.

Dalam rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu dihadiri antara lain Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Danrem sebagai Dansatgas Karhutla Kolonel Arah Sony Septiono, Wakil Gubernur Mawardi Yahya dan Kapolda Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, serta Ketua BPBD Sumsel Iriansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper