Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pisang Ambon Curup Diklaim Terbaik Se-Indonesia

Pisang ambon asal Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, diklaim memiliki kualitas terbaik di Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Desember 2018  |  09:08 WIB
Ilustrasi: Pedagang menata pisang dagangannya. - Antara/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi: Pedagang menata pisang dagangannya. - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, CURUP – Pisang ambon asal Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, diklaim memiliki kualitas terbaik di Indonesia.

"Pisang ambon Curup ini memiliki bau yang harum kemudian rasanya manis, gurih, renyah, kering dan mudah dipatahkan," kata Profesor Alnofri, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Rejang Lebong.

Pisang ambon Curup, menurutnya, hanya bisa tumbuh di seputaran Kota Curup, dan jika ditanam di tempat lain buahnya akan lembek, tidak terlalu manis, dan tidak berbau harum. Tidak heran jika buah ini banyak dicari orang saat berkunjung ke Rejang Lebong.

Selain memiliki cita rasa yang berbeda dengan jenis pisang ambon lainnya, pisang ambon asal daerah itu juga memiliki keunggulan berupa tahan hama, dan hanya bisa ditanam sampai dua kali panen saja, selebihnya anakan pisang ini harus dipindahkan ke lubang lainnya.

"Cuma bisa dua kali panen, selebihnya harus dipindahkan kelobang lainnya. Tindakan ini dilakukan untuk memutus penyebaran virus dan penyakit yang sering menyerang tanaman pisang ambon," tambahnya.

Sejauh ini setelah melihat iklim di Kabupaten Rejang Lebong kata Alnofri, jika nantinya ada pengembangan usaha yang memadukan sektor pertanian dan pariwisata atau agro wisata khusus perkebunan pisang ambon Curup bisa menjadi daya tarik dan pasti mengundang minat orang datang ke Rejang Lebong.

"Pisang ambon Curup ini sudah punya nama sehingga bisa dijadikan program menggerakan potensi ekonomi lokal, harus bisa kita koordinir dengan baik mulai dari buah segarnya hingga olahannya, jangan sampai pedagang petani tidak bisa memasarkannya sehingga merugi akibat busuk dan lain sebagainya," tuturnya.

Jika saat ini di Kabupaten Rejang Lebong sudah ada kampung kopi maka kedepannya bisa dibuat kampung pisang ambon Curup, karena petani di Rejang Lebong sudah memiliki kemampuan dalam dunia pertanian dan nantinya juga didukung oleh Stiper Rejang Lebong.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bengkulu pisang

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top