Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pisang Ambon Curup Diklaim Terbaik Se-Indonesia

Pisang ambon asal Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, diklaim memiliki kualitas terbaik di Indonesia.
Ilustrasi: Pedagang menata pisang dagangannya./Antara-Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi: Pedagang menata pisang dagangannya./Antara-Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, CURUP – Pisang ambon asal Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, diklaim memiliki kualitas terbaik di Indonesia.

"Pisang ambon Curup ini memiliki bau yang harum kemudian rasanya manis, gurih, renyah, kering dan mudah dipatahkan," kata Profesor Alnofri, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Rejang Lebong.

Pisang ambon Curup, menurutnya, hanya bisa tumbuh di seputaran Kota Curup, dan jika ditanam di tempat lain buahnya akan lembek, tidak terlalu manis, dan tidak berbau harum. Tidak heran jika buah ini banyak dicari orang saat berkunjung ke Rejang Lebong.

Selain memiliki cita rasa yang berbeda dengan jenis pisang ambon lainnya, pisang ambon asal daerah itu juga memiliki keunggulan berupa tahan hama, dan hanya bisa ditanam sampai dua kali panen saja, selebihnya anakan pisang ini harus dipindahkan ke lubang lainnya.

"Cuma bisa dua kali panen, selebihnya harus dipindahkan kelobang lainnya. Tindakan ini dilakukan untuk memutus penyebaran virus dan penyakit yang sering menyerang tanaman pisang ambon," tambahnya.

Sejauh ini setelah melihat iklim di Kabupaten Rejang Lebong kata Alnofri, jika nantinya ada pengembangan usaha yang memadukan sektor pertanian dan pariwisata atau agro wisata khusus perkebunan pisang ambon Curup bisa menjadi daya tarik dan pasti mengundang minat orang datang ke Rejang Lebong.

"Pisang ambon Curup ini sudah punya nama sehingga bisa dijadikan program menggerakan potensi ekonomi lokal, harus bisa kita koordinir dengan baik mulai dari buah segarnya hingga olahannya, jangan sampai pedagang petani tidak bisa memasarkannya sehingga merugi akibat busuk dan lain sebagainya," tuturnya.

Jika saat ini di Kabupaten Rejang Lebong sudah ada kampung kopi maka kedepannya bisa dibuat kampung pisang ambon Curup, karena petani di Rejang Lebong sudah memiliki kemampuan dalam dunia pertanian dan nantinya juga didukung oleh Stiper Rejang Lebong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper