Dana Kelurahan: Kabupaten Muba Kebagian Rp300 Juta Per Kelurahan

Sebanyak 13 kelurahan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel) dipastikan mendapatkan dana kelurahan dari pusat senilai Rp300 juta per kelurahan pada tahun depan.
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex./Istimewa
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex./Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Sebanyak 13 kelurahan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel) dipastikan mendapatkan dana kelurahan dari pusat senilai Rp300 juta per kelurahan pada tahun depan.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba Richard Cahyadi mengatakan pemerintah pusat menggelontorkan dana tersebut untuk mendukung percepatan pembangunan daerah.
 
“Sumbernya melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Kemungkinan akan mulai direalisasikan pada awal 2019,” ujarnya, Jumat (28/12/2018).
 
Dana kelurahan diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang belum bisa dipenuhi oleh pemerintah kabupaten sesuai dengan kemampuan dana kelurahan yang teralokasi pada tahun  berjalan.
 
Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) pengunaan  dana tersebut. Namun, Richard menyatakan teknis pencairan tampaknya mengadopsi sistem pencairan dana desa, yang akan dicairkan per kuartal.
 
“Seperti dana desa, dicairkan per kuartal, yakni Maret-Juni tahap 1, Juni-Agustus tahap 2, dan Agustus-Oktober tahap 3," tuturnya.
 
Pihaknya pun masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat terkait rincian peruntukan.
 
Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menerangkan dana kelurahan diharapkan dapat menunjang percepatan pembangunan dan pelayanan publik di kabupaten tersebut.
 
"Jadi, melalui dana kelurahan ini, nantinya kebutuhan di setiap kelurahan yang ada dapat diakomodasi dengan cepat," jelasnya.
 
Dodi menambahkan setiap pihak khususnya masyarakat dapat bersama-sama mengawal pengelolaan dana tersebut, sama seperti pengawasan terhadap dana desa.
 
Adapun kelurahan yang berada di Kabupaten Muba mencakup Kelurahan Balai Agung, Kelurahan Soak Baru, Kelurahan Serasan Jaya, Kelurahan Kayuara, Kelurahan Sungai Lilin, Kelurahan Sungai Lilin Jaya, Kelurahan Ngulak, Kelurahan Bayung Lencir, Kelurahan Bayung Lencir Jaya, Kelurahan Keluang, Kelurahan Babat, Kelurahan Mangun Jaya, dan Kelurahan Pangkalan Jaya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper