Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apkasindo Gandeng NGO Dorong Sawit Berkelanjutan

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menggandeng sejumlah non goverment organisation atau organisasi non pemerintah, untuk mendorong perkembangan tanaman kelapa sawit berkelanjutan.
Bisnis.com, PEKANBARU -- Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menggandeng sejumlah non goverment organisation atau organisasi non pemerintah, untuk mendorong perkembangan tanaman kelapa sawit berkelanjutan.
 
Ketua Umum Apkasindo Anizar Simanjuntak mengatakan saat ini sudah banyak NGO yang melakukan program pendampingan kebun kelapa sawit berkelanjutan, salah satunya yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Riau.
 
"NGO memiliki peran serta dalam mengembangkan kebun sawit berkelanjutan, karena itu perlu duduk bersama untuk dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mewujudkan hal tersebut," katanya saat membuka seminar nasional Kelapa Sawit di Pekanbaru, Senin (17/9/2018)
 
Dia mengakui selama ini banyak NGO yang terkesan sering mengkritisi kebun kelapa sawit. Namun sikap seperti itu dipandang perlu oleh pihaknya untuk mengawasi perkembangan kelapa sawit, sehingga diketahui mana yang sudah berjalan dengan baik, dan yang belum baik dapat diperbaiki.
 
Sementara itu Ketua Apkasindo Riau Gulat Manurung mengatakan tantangan lain yang saat ini dihadapi petani kelapa sawit misalnya tudingan miring bahwa petani sawit dituduh terlibat dalam degradasi lahan di Indonesia. 
 
Lalu ada pula soal kapasitas pekebun, kelembagaan, lahan dan kawasan juga menjadi bahan perdebatan, terkait keberlanjutan budidaya kelapa sawit di Indonesia.
 
“Beragam tantangan ini semakin menyudutkan pekebun rakyat pada posisi tawar yang sangat rendah. Beragamnya dinamika dan interaksi yang terlibat dalam perkebunan rakyat menuntut kolaborasi dan sinergi aktif dari semua pihak yang terkait,” katanya.
 
Adapun beberapa NGO lingkungan yang diundang turut hadir dalam seminar nasional Apkasindo kali ini yaitu Yayasan Setara, SNV, WWF, WRI, Kehati, Inobu, Jikalahari, Scale Up, Walhi, IDH, Foksbi, Permadas, Fortasbi, dan Lira Rokan Hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper