Kementan Bagikan 500.000 Bibit Tamanan Buah di Sumbar

Pemerintah memberikan bantuan bibit tanaman buah sebanyak 500.000 batang kepada petani di Sumatra Barat.
Heri Faisal | 29 Agustus 2018 07:32 WIB
Jengkol - wikipedia.org

Bisnis.com, PADANG — Pemerintah memberikan bantuan bibit tanaman buah sebanyak 500.000 batang kepada petani di Sumatra Barat.

Hardianto, Kepala Pusat Hortikultura Kementerian Pertanian mengatakan bantuan bibit tanaman buah itu diberikan kepada petani untuk mendukung kesejahteraan petani, karena waktu panen tanaman buah relatif lebih cepat.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dari sisi ekonominya. Karena dalam waktu 2 – 3 tahun sudah bisa panen, jadi lebih cepat menghasilkan,” ujarnya, Selasa (28/8/2018).

Menurutnya, tanaman buah memiliki masa panen yang lebih cepat dari pada tanaman perkebunan. Selain itu, tentu saja daerah Sumbar memiliki iklim dan tanah yang subur untuk pengembangan tanaman buah.

Dia mengatakan sebanyak 500.000 ribu batang bibit tanaman buah itu terdiri dari papaya, salah, kopi, jeruk, kentang, durian, jengkol, dan tanaman buah lainnya.

Bibit tersebut disalurkan kepada petani yang tersebar di Kabupaten Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Solok, Solok Selatan, dan Kota Payakumbuh.

“Jadi petani bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari tanaman buah ini, karena panennya juga relatif cepat,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengharapkan bantuan bibit buah itu akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Selain itu, dia juga meminta petani memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut, serta lebih kreatif di bidang pertanian dengan menciptakan inovasi – inovasi yang melahirkan produk pertanian yang berkualitas tinggi.

“Contohnya Thailand, mereka sangat bagus hasil pertaniannya. Kita juga perlu inovasi untuk menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing,” katanya.

Tag : pertanian, sumbar
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top