Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Sungai Duku Belum Ramai Pemudik

Belum ada lonjakan penumpang masih sepi karena masih minggu kedua Ramadan.
Pelabuhan Sungai Duku.
Pelabuhan Sungai Duku.

Bisnis.com, PEKANBARU—Pengelola Pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru menyatakan memasuki pekan kedua bulan Ramadhan 1439 Hijriyah penumpang yang melalui Pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru masih sepi dan belum ada lonjakan arus mudik.

"Belum ada lonjakan penumpang masih sepi karena masih minggu kedua Ramadan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Joniansyah di Pekanbaru, Senin (28/5/2018).

Menurut Joniansyah sejauh ini pihaknya juga belum melakukan persiapan antisipasi lonjakan penumpang, dan baru akan dilakukan jika memasuki pekan ketiga Ramadan.

Ia menyebutkan jika sudah dekat Idul Fitri 1439 Hijriyah bahkan mereka akan membuka pos pelayanan terpadu di pelabuhan, guna memberikan informasi dan penyelesaian masalah saar mudik.

"Kami pada H-7 akan dirikan Posyan angkutan lebaran di pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, " tuturnya.

Pihaknya memperkirakan pada arus mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah tidak ada penambahan armada, mengingat seperti tahun yang sudah-sudah kapal yang tersedia masih cukup menampung penumpang ke pulau-pulau.

Pada saat normal hari biasa proses keberangkatan dan kedatangan di Sungai Duku Pekanbaru berkisar 6-7 kali dalam sehari. Hanya isiannya tentu tidak penuh, kecuali saat arus balik akupansinya akan naik mencapai 100 persen.

"Pengelola Sungai Duku mencatat ada 6-7 kali keberangkatan sehari, dengan jumlah kapal yang beroperasi lima, dimana empat tujuan Selat Panjang dan satu ke Siak," imbuhnya.

Sementara itu Zaki (35) warga Selat Panjang yang bekerja di Pekanbaru mengaku tiap tahun mudik menggunakan kapal.

Idul Fitri 1439 Hijriyah ini ia sudah berjanji akan mudik lagi menggunakan kapal karena hanya itu satu-satunya transportasi yang bisa ke kampung halamannya.

"Biasanya saya mudik setelah diberi libur oleh kantor untuk mau rayakan Idul Fitri di kampung bersama saudara, " ujarnya.

Ia mengaku belum beli tiket, karena untuk mau dapatkan tidak sulit dan tersedia tiap hari, meski saat Puncak mudik sekalipun keberangkatan lewat Sungai Duku selalu ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper