Bank BJB Palembang Perkuat Kredit Konsumer Korporasi

Bank BJB Cabang Palembang memperkuat kerja sama dengan sejumlah korporasi di Sumatra Selatan untuk penyaluran pembiayaan baik konsumer maupun kredit produktif seiring tingginya potensi pasar dari segmen itu.
Pimpinan Cabang BJB Palembang Rudy Chandra (keempat dari kiri) bersama Direktur Keuangan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Dede Parasade (keempat dari kanan) berpose bersama saat penyerahan hadiah perjalanan religi BJB 2018/Dinda Wulandari
Pimpinan Cabang BJB Palembang Rudy Chandra (keempat dari kiri) bersama Direktur Keuangan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Dede Parasade (keempat dari kanan) berpose bersama saat penyerahan hadiah perjalanan religi BJB 2018/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Bank BJB Cabang Palembang memperkuat kerja sama dengan sejumlah korporasi di Sumatra Selatan untuk penyaluran pembiayaan baik konsumer maupun kredit produktif seiring tingginya potensi pasar dari segmen itu.

Salah satu Perusahaan yang dibidik BJB adalah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, produsen semen pelat merah yang berkantor pusat di Kota Palembang.

Pimpinan Cabang BJB Palembang Rudy Chandra mengatakan pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan perseroan sejak 2012 melalui kredit konsumer.

“Saat ini kami memang baru masuk di segmen consumer loan bagi pegawai Semen Baturaja,ke depan kami ingin memperkuat loan untuk segmen korporasinya,” katanya di sela acara penyerahan hadiah perjalanan religi BJB 2018, Senin (10/12/2018).

Menurut dia, kredit konsumer memang menjadi penopang utama pertumbuhan bisnis perseroan di Wilayah Sumsel.

“Sektor andalan kami masih di consumer loan bukan hanya untuk ASN (aparatur sipil negara), tapi kami juga masuk ke pegawai BUMN yang ada di sini bahkan untuk perusahaan swasta,” katanya.

Dia memaparkan melalui dominasi kredit konsumer terutama untuk korporasi, portofolio BJB Palembang melesat pada tahun ini.

Rudy memaparkan aset BJB Palembang telah mencapai Rp1,2 triliun per November 2018 melonjak dari periode yang sama tahun lalu senilai Rp400 miliar.

“Begitu pula dengan kredit dan funding kami yang tumbuhnya 15% --40%. Hal ini tidak terlepas dari strategi kami menggarap pasar korporasi baru kami sasar ritelnya,” katanya.

Terkait kredit konsumer yang telah disalurkan BJB kepada pegawai SMBR adalah produk KPR untuk 325 pegawai perseroan itu.

Rudy mengemukakan pihaknya mengincar seluruh pembiayaan yang ada di siklus bisnis emiten berkode SMBR tersebut.

Salah satu peluang yang bakal digarap BJB dalam waktu dekat adalah kredit untuk distributor Semen Baturaja.

“Distributor Semen Baturaja sangat potensial karena mereka terus berkembang dan langsung tidak di bawah holding,” katanya.

Rudy mengemukakan perusahaan optimistis dapat menjadi mitra one stop service perbankan bagi korporasi di Sumsel dengan keunggulan yang dimiliki, salah satunya bunga yang kompetitif.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Dede Parasade, mengatakan pihaknya terbuka dengan kerjasama pembiayaan yang diberikan BJB Palembang.

“Kebetulan rate yang diberikan BJB kompetitif sehingga kami tertarik dengan produk yang ditawarkan [KPR],” katanya.

Apalagi, kata Dede,  kebutuhan pembiayaan rumah untuk karyawan perseroan memang cukup banyak, karena 60% dari total 1.000 karyawan Semen Baturaja merupakan generasi millenial atau berusia di bawah 30 tahun.

“Mereka dalam tahap membangun keluarga baru, tentu manajemen harus memudahkan karyawan untuk dapat fasilitas KPR,” jelasnya.

Dia menambahkan pihaknya berharap BJB Palembang juga dapat memberikan fasilitas pembiayaan untuk distributor perseroan yang jumlahnya mencapai 25 mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper