Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Padang Siapkan Kota Baru Seluas 4.308 Hektare

Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat menyiapkan kawasan pengembangan atau kota baru di tiga kecamatan di daerah itu seluas 4.308 Ha, sebagai bagaian pengembangan 10 kota baru yang direncanakan pemerintah di Sumatra.
Seorang pecinta olah raga selancar berlatih di Pantai Padang, Sumatera Barat, Selasa (13/11)./Antara-Muhammad Arif Pribadi
Seorang pecinta olah raga selancar berlatih di Pantai Padang, Sumatera Barat, Selasa (13/11)./Antara-Muhammad Arif Pribadi

Bisnis.com, PADANG — Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat menyiapkan kawasan pengembangan atau kota baru di tiga kecamatan di daerah itu seluas 4.308 Ha, sebagai bagaian pengembangan 10 kota baru yang direncanakan pemerintah di Sumatra.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan pemda setempat akan memfasilitasi kebutuhan pengembangan kota baru, mulai dari perencanaan, masterplan, fokus ekonomi dan sosial budaya, serta kebutuhan lainnya untuk pengembangan daerah.

“Kami akan fasilitasi, sehingga pengembangan wilayah kota baru Padang nantinya sesuai dengan tujuan awalnya sebagai pusat pemukiman baru,” katanya, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, pengembangan kota baru tersebut penting dilakukan untuk memeratakan pertumbuhan dan menciptakan kawasan ekonomi baru, serta menciptakan keseimbangan kawasan.

Dia mengatakan untuk tahun ini, pemerintah setempat telah mendapatkan bantuan teknis kegiatan penataan dan pengembangan kota baru dari Bappenas, PUPR, Kemendagri, dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Bantuan teknis tersebut berupa rakor kegiatan untuk penyusunan masterplan kota baru, development plan kawasan, pra studi kelayakan sistem jariangan infrastruktur dan perumahan pemukiman, sehingga persiapan pengembangan kawasan menjadi terencana dengan baik.

“Harapan kami, kawasan kota baru nantinya akan menjadi pusat pemukiman baru yang layak huni dan didukung fasilitas ekonomi dan sosial budaya,” katanya.

Mahyeldi mengungkapkan untuk mempercepat realisasi pengembangan kota baru itu, pemda setempat telah melakukan deliniasi atau pemetaan kawasan kota baru di tiga kecamatan seluas 4.308 Ha.

Tiga kecamatan tersebut, yakni Koto Tangah, Kuranji, dan Nanggalo. Ketiga kecamatan itu masih dianggap pinggiran Kota Padang, sehingga potensial dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Apalagi, posisinya juga cukup berjarak dari bibir pantai, sehingga dianggap aman dari ancaman bencana tsunami.

“Kami sudah tetapkan deliniasi kawasan kota baru Padang. Menetapkan SK deliniasi dan tim pendukung, serta menetapkan tema dari pembangunannya,” ujar Mahyeldi.

Adapun, berdasarkan data BPS tahun 2016 mencatatkan luas wilayah Kota Padang mencapai 694,96 km2 yang tersebar dalam 11 kecamatan dengan total jumlah penduduk sebanyak 902.413 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper