Asian Games 2018 : Layanan Data Telkomsel Melonjak 720% di Jakabaring Sport City

Oleh: Dinda Wulandari 21 Agustus 2018 | 16:52 WIB
Asian Games 2018 : Layanan Data Telkomsel Melonjak 720% di Jakabaring Sport City
Jakabaring Sport City

Bisnis.com, PALEMBANG -- Penggunaan layanan data pelanggan operator telekomunikasi Telkomsel tercatat melonjak hingga 720% pada saat pembukaan Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Executive Vice President Telkomsel Area Sumatra, Paulus Djatmiko mengatakan daru data yang diperoleh, terjadi lonjakan trafik komunikasi baik voice, sms, maupun data pada pembukaan Asian Games di Palembang.

"Khusus di JSC sebagai venue kedua Asian Games yang ramai didatangi atlet dan pengunjung, trafik voice mengalami kenaikan sebesar 522% dan penggunakan layanan data (payload) sekitar 720 % dibandingkan hari biasa," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (21/8/2018).

Menurut Paulus lonjakan terjadi karena semakin banyak pelanggan yang menggunakan layanan data, untuk share foto maupun video melalui sosial media maupun aplikasi chat messanger untuk berbagi momen tersebut.

Sementara secara umum, kata dia, pada hari pembukaan Asian Games 2018, di Palembang terjadi kenaikan trafik voice mendekati angka 11% dan layanan payload lebih dari 18% dibandingkan hari biasa.

Pihaknya mengklaim Telkomsel tetap dapat melayani pelanggan dengan kualitas terbaik dan tetap memperhatikan kenyamanan pengguna.

"Keberhasilan ini karena Telkomsel telah mempersiapkan peningkatan kapasitas layanan jauh hari sebelum pagelaran Asian Games berlangsung," katanya.

Adapun persiapan yang dilakukan perusahaan adalah penambahan base transceiver station (BTS) yang semula berjumlah 13 menjadi 44 BTS all network (2G/3G/4G) di JSC.

Selain itu, juga dipersiapkan 3 Compact Mobile BTS (COMBAT) yang akan beroperasi selama pagelaran Asian Games 2018 di Palembang.

"Semua dipersiapkan demi menjamin layanan voice, sms maupun data internet untuk para kontingen dan pengunjung selama perhelatan Asian Games berlangsung," ujarnya.

Selain itu, Telkomsel juga telah mendirikan booth di 39 titik yang tersebar di venue, hotel serta non venue seperti bandar udara.

Selain melengkapi booth dengan petugas sales, Telkomsel juga menyiagakan 100 Telkomsel Agent, yang akan membantu memberikan edukasi layanan dan solusi kepada pengguna Telkomsel yang membutuhkan bantuan seperti, aktivasi paket dan registrasi.

"Mereka juga bertugas untuk mengenalkan budaya Palembang ke pengunjung lokal dan mancanegara," ujarnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya