Asian Games 2018: Mobil Pribadi Dilarang Lewat Jembatan Ampera

Oleh: Dinda Wulandari 17 Juli 2018 | 20:01 WIB
Asian Games 2018: Mobil Pribadi Dilarang Lewat Jembatan Ampera
Jembatan Ampera, Palembang, Kamis (8/6/2017), padat dengan kendaraan ketika menjelang buka puasa/Samdysara Saragih-Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan bersama Pemerintah Kota Palembang berencana melarang mobil pribadi melintas di Jembatan Ampera selama Asian Games 2018 untuk menghindari kemacetan yang kerapkali terjadi di akses penghubung kawasan Seberang Ilir dan Ulu kota tersebut. 

Rencana larangan tersebut juga mengemuka mengingat pembangunan jembatan Musi IV belum sepenuhnya selesai sementara progress Jembatan Musi VI masih sangat lamban. 

Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Nelson Firdaus mengatakan pihaknya juga berkoodinasi dengan pihak kepolisian untuk mengeluarkan surat edaran terkait larangan mobil pribadi melintas di Jembatan Ampera selama Asian Games.

"Kami akan rekayasa di Jembatan Ampera terutama kendaraan umum dan Light Rail Transit (LRT) dan kendaraan khusus saja untuk Asian Games. Koordinasi dengan kepolisian ini sudah berlangsung kapan akan dikeluarkan surat edarannya dalam waktu dekat," ujarnya Selasa (17/7/2018).

Nelson menambahkan, pihaknya juga memberlakukan sistem buka tutup di Jembatan Musi IV. 

Pasalnya, jalan penghujung akses jalan terlalu sempit sehingga emungkinan diupayakan menggunakan sistem buka tutup.

"Saat Asian Games hanya Musi IV saja yang bisa beroperasi sedangkan Musi VI tidak bisa. Rencananya untuk musi IV akan digunakan sistem buka tutup," katanya.

Nelson menjelaskan, akses jalan di Musi IV masih terkendala soal pembebasan lahan yang belum selesai sehingga akses jalan sempit.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya