PLN WS2JB Mempercepat Pengerjaan Proyek Sebelum Asian Games

Oleh: Dinda Wulandari 25 April 2018 | 17:22 WIB
PLN WS2JB Mempercepat Pengerjaan Proyek Sebelum Asian Games
Pekerja proyek PLN WS2JB/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- PT PLN (Persero) mempercepat pengerjaan kabel bawah tanah di sejumlah ruas jalan utama di Kota Palembang untuk memperkuat pasokan listrik dalam menghadapi Asian Games yang akan berlangsung di kota itu pada Agustus 2018.

Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu (WS2JB), Rosmalina, mengatakan pihaknya menargetkan pembangunan saluran kabel listrik yang ditanam di bawah tanah (spindle) tegangan menengah 20 kV sudah berjalan sejak Desember 2017.

"Pembangunan spindle ini harus melalui jalur-jalur jalan utama di kota Palembang, pekerjaan ini sudah mencapai 90% dan diperkirakan selesai di akhir April 2018," katanya dalam siaran pers, Rabu (25/4/2018).

Rosmalina mengatakan panjang kabel yang ditanam berjumlah 12.442 meter.

Dia menjelaskan dengan adanya saluran kabel bawah tanah dapat mengurangi gangguan listrik dan menjaga keandalan untuk pusat-pusat keramaian seperti mal rumah sakit, hotel, perkantoran dan pemukiman rumah penduduk serta bertujuan meningkatkan perekonomian di kota Palembang.

Adapun ruas jalan yang harus dilalui antara lain jln. Jenderal Sudirman, Jln. Kol. H. Burlian, Jln. Soekarno Hata, Jln. Parameswara, Jln. Demang Lebar Daun, Jln. Basuki Rahmad, Jln. R. Sukamto, Jln. Letkol Nuramin, jln. Perintis Kemerdekaan, Jln. Veteran dan jln. Letkol Nur Amin.

"Pekerjaan yang masih tersisa yakni untuk kawasan jalan Jenderal Sudirman," ujarnya.

Menurut dia dalam pengerjaannya PLN selalu berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Sumatera Selatan, PU Cipta Karya dan PU Bina Marga.

Rosmalina menambahkan pihaknya juga membangun infrastruktur kelistrikan lainnya untuk mendukung Asian Games di Palembang, salah satunya yang memperkuat pasokan listrik di Komplek Jakabaring Sport City yang sudah dilakukan sejak Maret 2017.

"Sampai saat ini sudah mencapai 100%, seperti pekerjaan penarikan SKTM 83.6 Kms, peninggian tower transmisi di 3 titik perlintasan [KM 5, Depan Polresta, Depan OPI Mall]," katanya.

Perusahaan juga menambah gardu induk baru yakni GI Gandus dan GI New Jakabaring dan GI Kenten, GIS Kotabarat dan GIS Kotatimur.

"Selain itu pembangunan gardu hubung dan pemasangan kubikel di station on progress," katanya.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya