Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maraton Melintasi Kebun Sawit Sumut Digelar di Sergai

Tahun lalu di Kebun Bangun Bandar, Sergai, tahun ini Oil Palm Marathon kami gelar masih di Sergai, tapi di Kebun Bengabing.
Informasi kompetisi lari melintasi perkebunan sawit./GAPKI Sumut
Informasi kompetisi lari melintasi perkebunan sawit./GAPKI Sumut

Bisnis.com, MEDAN – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Sumatra Utara (Gapki Sumut) bersiap menggelar kembali kompetisi lari melintasi perkebunan sawit di area Kebun Bengabing Kec. Pegajahan Kab. Serdang Bedagai (Sergai) pada Minggu (29/9/2024) besok.

Ketua Gapki Sumut Timbas Prasad Ginting mengatakan, gelaran bertajuk Oil Palm Marathon, Run for Sustainable Oil Palm merupakan ajang olahraga lari tahunan yang telah digelar sebanyak empat kali oleh Gapki Sumut.

“Tahun lalu di Kebun Bangun Bandar, Sergai, tahun ini Oil Palm Marathon kami gelar masih di Sergai, tapi di Kebun Bengabing,” kata Timbas kepada Bisnis, Jumat (27/9/2024).

Timbas mengatakan, Oil Palm Marathon merupakan upaya pihaknya untuk menunjukkan kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah peserta lari, soal tata kelola perkebunan sawit berkelanjutan yang telah dijalankan di Sumut.

Dia menyebut hal itu sebagai counter atas isu-isu negatif yang selama ini kerap disandingkan dengan perkebunan sawit, mulai dari penyebab kekeringan di lahan sekitar perkebunan, penyumbang emisi gas rumah kaca, hingga pemicu pemanasan global.

Timbas juga mengatakan bahwa Oil Palm Marathon dimaksudkan untuk menjadi model baru sport tourism, di mana lintasan marathon yang biasanya dilakukan di jalan raya, dipindahkan ke perkebunan sawit.

“Para peserta lari bisa sekaligus menikmati indahnya alam di perkebunan sawit, yang tentu telah didukung oleh fasilitas jalan yang cukup memadai serta kontur yang cukup menantang,” lanjutnya.

Adapun Oil Palm Marathon 2024 terdiri dari 4 kategori lintasan, yakni kategori 5K, 10K, half marathon 21K, hingga full marathon 42K.

Para pelari akan dilepas dari Kebun Bengabing mulai pukul 05.30 WIB, yang diawali oleh pelepasan para pelari kategori full marathon atau 42K.

Oil Palm Marathon, Run for Sustainable Oil Palm juga akan diisi oleh berbagai jenis bazaar dan door prizes. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper