Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Pengangguran, Riau Job Fair Sediakan 3.000 Lowongan Kerja

Lebih dari 75 perusahaan ternama di Provinsi Riau turut berpartisipasi, dengan menyediakan 3.000 lowongan kerja di berbagai sektor.
Lowongan kerja
Lowongan kerja

Bisnis.com, PEKANBARU-- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Riau Job Fair 2024, yang akan berlangsung pada 17 hingga 19 September di Hotel Prime Park Pekanbaru. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran di wilayah Riau.

Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Boby Rachmat, mengajak masyarakat, khususnya para pencari kerja, untuk memanfaatkan peluang dalam job fair ini. 

Menurutnya, lebih dari 75 perusahaan ternama di Provinsi Riau turut berpartisipasi, dengan menyediakan 3.000 lowongan kerja di berbagai sektor.

"Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Riau Job Fair ini sebagai kesempatan untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Ada 75 perusahaan yang akan ikut serta, jadi ini peluang besar," ujarnya Kamis (12/9/2024).

Data Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) daerah itu pada Februari 2024 sebesar 3,85%, atau mengalami penurunan sebesar 0,40% poin dibandingkan dengan Februari 2023.

TPT merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tenaga kerja yang tidak terserap oleh pasar kerja dan menggambarkan kurang termanfaatkannya pasokan tenaga kerja. TPT Provinsi Riau hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Februari 2024 sebesar 3,85%.

Hal ini berarti dari 100 orang angkatan kerja, terdapat sekitar tiga orang penganggur. Pada Februari 2024, TPT mengalami penurunan sebesar 0,40% poin dibandingkan dengan Februari 2023.

Boby menyebutkan bagi masyarakat yang berminat mengikuti program Riau Job Fair 2024 ini, tidak dipungut biaya alias gratis, dan para peserta dapat mendaftar melalui situs resmi Disnakertrans Riau di https://bursakerja.disnakertrans.riau.go.id atau dengan memindai QR code yang terdapat di poster resmi di akun Instagram @disnakertrans.riau atau @kominfo.riau.

Boby juga menekankan bahwa Job Fair ini merupakan salah satu cara pemerintah dalam memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat Riau. 

"Dengan adanya job fair ini, kami berharap dapat membantu masyarakat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan potensi mereka dan mengurangi tingkat pengangguran di Riau," ujarnya.

Melalui Riau Job Fair 2024, diharapkan tenaga kerja lokal dapat terserap lebih banyak. Karena itu pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama manfaatkan kesempatan ini, dan melihat pilihan pekerjaan yang tersedia di job fair. "Semoga banyak tenaga kerja lokal yang terserap," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper