Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Malahayati Aceh, Tempat Sandar Kapal Kelud selama PON XXI

Pelindo telah menyiapkan dermaga serta fasilitas pelabuhan lain di Malahayati untuk bersandarnya "hotel apung" Kapal Kelud hingga 24 September mendatang.
Proses penyambutan kedatangan Kapal KM Kelud di Pelabuhan Malahayati Aceh, Rabu (4/9/2024). Kapal KM Kelud akan jadi tempat penginapan atau hotel apung bagi atlet hingga ofisial selama gelaran PON XXI di Aceh.
Proses penyambutan kedatangan Kapal KM Kelud di Pelabuhan Malahayati Aceh, Rabu (4/9/2024). Kapal KM Kelud akan jadi tempat penginapan atau hotel apung bagi atlet hingga ofisial selama gelaran PON XXI di Aceh.

Bisnis.com, MEDAN - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui subholding Pelindo Multi Terminal atau SPMT,  menyiapkan Pelabuhan Malahayati Aceh untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2024 Sumut-Aceh.

Salah satu branch di bawah naungan SPMT itu akan jadi tempat sandar Kapal KM Kelud, kapal yang dijadikan penginapan terapung selama perhelatan PON khusus bagi para atlet daerah, kontingen, ofisial, dan pihak terkait.

Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal Malahayati Agust Deritanto mengatakan, pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan PON XXI yang akan digelar pada tanggal 8-20 September 2024 di Sumut dan Aceh.

Agust menyebut, Pelindo telah menyiapkan dermaga serta fasilitas pelabuhan lain di Malahayati untuk bersandarnya "hotel apung" Kapal Kelud hingga 24 September mendatang.

"Kami siap memberikan dukungan penuh dengan kesiapan dermaga dan fasilitas lainnya di Pelabuhan Malahayati. Kami berharap kehadiran KM Kelud ini dapat menjadi salah satu solusi akomodasi bagi para pihak selama PON berlangsung," ujar Agust dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (5/9/2024).

Senada, Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Finan Syaifullah menyebut dukungan Pelindo Group termasuk Pelindo Multi Terminal ini sebagai wujud nyata sinergi BUMN dalam mendukung kegiatan olahraga nasional.

Finan menyampaikan, pihaknya pun telah memastikan agar dukungan yang diberikan terhadap pesta olahraga empat tahunan ini optimal.

"Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik bagi kesuksesan PON XXI Aceh-Sumut, dengan memastikan fasilitas dan layanan yang optimal di pelabuhan-pelabuhan kami, terutama di wilayah tuan rumah Sumatra Utara dan Aceh," kata Finan.

Sebagai informasi, Kapal KM Kelud telah bersandar di Pelabuhan Malahayati Aceh per Rabu (4/9/2024), disambut langsung Pj Gubernur Aceh Safrizal beserta Forkopimda Aceh, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Direksi PT Pelni, serta Manajemen Pelindo yang diwakili oleh Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal Malahayati Agust Deritanto.

Kapal KM Kelud akan menjadi tempat penginapan atau hotel apung yang disediakan gratis bagi peserta PON XXI di Aceh, termasuk kontingen. Diperkirakan, kapasitas kapal yang dikelola PT Pelni ini mencapai 2.600 penumpang.

Sebelumnya, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) 1 Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Hasan berharap agar penyediaan KM Kelud di Pelabuhan Malahayati dapat menjadi solusi akomodasi (penginapan) bagi peserta PON XXI di Aceh.

“Kami mengharapkan KM Kelud ini dapat menjadi solusi bagi para pihak dengan tetap memperhatikan aturan dan kebersihan di kapal dan sekitar," kata Hasan.

Dia pun menyampaikan bahwa akomodasi penginapan terapung ini dapat diakses secara gratis baik oleh atlet maupun seluruh pihak yang terlibat dalam PON.

"Pihak yang ingin menggunakan akomodasi terapung cukup registrasi dengan menunjukkan ID card berkaitan PON XXI dan fasilitasnya disediakan gratis," tambahnya. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper