Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi QRIS di Sumsel Tumbuh Pesat, BI Dorong Perluasan di Sektor Perdagangan Ritel

Preferensi masyarakat untuk menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di wilayah Sumsel masih terus menunjukkan tren peningkatan.
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS/Freepik
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS/Freepik

Bisnis.com, PALEMBANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) mengungkapkan preferensi masyarakat untuk menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di wilayah itu masih terus menunjukkan tren peningkatan. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Ricky P Gozali mengatakan hal tersebut ditandai melalui peningkatan dari sisi merchant maupun pengguna yang sampai saat ini telah mencapai 844.000 dan 1,35 juta pengguna. 

“Capaian itu juga menjadikan Sumsel menduduki peringkat ke-2 dengan jumlah merchant dan user QRIS terbanyak di wilayah Sumatera,” ujarnya, Senin (19/8/2024). 

Sejalan dengan itu, transaksi bulanan QRIS di wilayah Sumsel juga turut tumbuh pesat hingga mencapai 260.000 transaksi dengan nominal sebesar Rp31,63 miliar. 

Ricky menambahkan, salah satu sasaran utama perluasan QRIS di Bumi Sriwijaya yakni pada sektor perdagangan ritel. Oleh karenanya, dalam penyelenggaraan Pekan QRIS Nasional (PQN), kegiatan di Sumsel dikemas melalui Festival Jajan QRIS yang diselenggarakan di Palembang Indah Mall pada tanggal 16-25 Agustus 2024. 

Melalui acara itu diharapkan turut memberikan ruang bagi UMKM kuliner lokal di Sumsel untuk memasarkan produk-produknya. 

“Dalam kegiatan ini, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan memfasilitasi kanal pembayaran QRIS bagi UMKM yang berpartisipasi dan memberikan promo jajan, hanya dengan membayar Rp5.000 bagi 200 orang pertama yang bertransaksi melalui QRIS selama 3 (tiga) hari,” jelasnya. 

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sumatra Selatan Ongky Prastianto menambahkan, pihaknya juga telah melakukan penandatanganan komitmen Mall S.I.A.P QRIS. 

“Total terdapat 11 pusat perbelanjaan di Sumsel yang telah berkomitmen mengimplementasikan QRIS pada sedikitnya 80% dari total tenant di masing-masing tempat,” ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper