Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beli Pertalite di Sumbar Menggunakan QR Code

Pertamina Patra Niaga terus memperkenalkan penerapan pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite menggunakan QR Code.
Petugas melakukan pengisian BBM disalah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta, Minggu (3/9/2023)./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.
Petugas melakukan pengisian BBM disalah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta, Minggu (3/9/2023)./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis.com, PADANG - Pertamina Patra Niaga terus memperkenalkan penerapan pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite menggunakan QR code.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Freddy Anwar mengatakan untuk melanjutkan keberhasilan pelaksanaan program QR code biosolar yang telah dilakukan secara merata. Maka dimulai pula pembelian BBM jenis Pertalite harus menggunakan QR code.

"Saat ini jumlah pendaftar kendaraan roda empat untuk Program Subsidi Tepat Pertalite tercatat sudah sekitar 127.000 kendaraan di Provinsi Sumbar, masyarakat silahkan mendaftar secara online dan jika terkendala, dapat menghubungi call center kami (135) atau datang mengunjungi helpdesk di spbu yang tersedia" katanya Freddy, Jumat (2/82024).

Dia mengatakan bahwa progress ini akan terus bertambah, seiring dengan perluasan pendataan QR Code Pertalite yang akan dilakukan secara bertahap.

Freddy Saat ini adalah tahap sosialisasi dan pendaftaran. Pendaftaran kendaraan untuk layanan QR Code Pertalite sudah dimulai sejak Juli 2024 di Sumbar. Selain itu, jumlah transaksi yang teregistrasi sejak Januari hingga 31 Juli 2024 sudah berjalan sekitar 2.000.000 transaksi” katanya.

Freddy menjelaskan bahwa program subsidi tepat Pertalite itu hanya berlaku untuk kendaraan roda empat, untuk kendaraan roda dua dan tiga belum termasuk dalam program Subsidi Tepat. Sementara mekanisme pendaftarannya sama dengan penerapan QR code untuk solar subsidi.

Sama halnya dengan succes story pendaftaran subsidi tepat solar. Masyarakat dapat mendaftar melalui web atau aplikasi mobile MyPertamina. Jika menemui kendala, Pertamina Patra Niaga Sumbar juga telah menyiapkan help desk pendaftaran QR code di SPBU.

Lebih lanjut, Freddy menambahkan bahwa saat ini proses yang berjalan adalah tahapan sosialisasi dan pendaftaran. Program Subsidi Tepat Pertalite ini bertujuan untuk melindungi konsumen yang berhak. 

Untuk itu, perlu adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumbar, dan upaya menunjukkan komitmen pemerintah daerah ikut mengawasi dan mensukseskan program Subsidi Tepat agar peruntukan BBM subsidi lebih tepat sasaran kepada masyarakat.

"Dengan adanya data yang akurat tentang pengguna bahan bakar bersubsidi, pemerintah daerah dapat mengalokasikan penyaluran BBM subsidi secara tepat sasaran," tambahnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengajak warga segera mendaftarkan kendaraannya untuk mendapatkan QR code bagi pengguna kendaraan roda empat yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. 

"Untuk warga Sumbar ayo mendaftarkan kendaraan roda empatnya yang menggunakan BBM pertalite, agar subsidi BBM lebih tepat sasaran. Program ini melindungi masyarakat yang berhak untuk mendapatkan produk BBM bersubsidi,” katanya.

Dia mengajak untuk mendukung program pemerintah menyalurkan BBM bersubsidi agar tepat sasaran. "Mari sama-sama kita pastikan subsidi Pertalite ini tepat sasaran, untuk masyarakat Sumbar yang berhak," kata Mahyeldi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper