Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Kapal ke Batam Semester I/2024 Naik 7%

Peningkatan kunjungan kapal barang dan penumpang di wilayah kerja BP Batam mencerminkan pertumbuhan yang signifikan dalam aktivitas perdagangan dan logistik.
Pelabuhan Batu Ampar dari view udara. /BP Batam
Pelabuhan Batu Ampar dari view udara. /BP Batam

Bisnis.com, BATAM - Kunjungan kapal ke Batam mengalami peningkatan pada semester I/2024. Berdasarkan catatan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, peningkatannya sebesar 7% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Data terbaru menunjukkan peningkatan di berbagai aspek, meliputi volume bongkar muat peti kemas, general cargo, jumlah penumpang hingga kunjungan kapal di pelabuhan Batam," kata Direktur BUP BP Batam Dendi Gustinandar, Senin (29/7/2024).

Dendi kemudian menjelaskan dari sisi jumlah kunjungan kapal terdapat peningkatan sebesar 7%, dengan jumlah 49.247 call kapal, meliputi kapal barang dan penumpang, dibandingkan pada periode yang sama di 2023 sebesar 46.086 call. 

Dari jumlah tersebut, peningkatan terbesar terdapat pada kunjungan kapal barang sebesar 14% yakni dari 13.303 call di periode semester I/2023 menjadi 15.218 di Tahun 2024. Adapun terminal barang yang berkontribusi besar dalam menyumbang peningkatan kunjungan kapal tersebut adalah Pelabuhan Batu Ampar yakni sebanyak 5.080 Call atau naik 41% dibandingkan semester I/2023 sebesar 3.591 Call.

Sedangkan untuk kunjungan kapal penumpang juga mengalami peningkatan sebesar 4% pada periode semester I/2024 ini, dari 32.783 Call menjadi 34.029 Call. 

Dendi menyampaikan bahwa peningkatan dari sisi kunjungan kapal barang dan penumpang di wilayah kerja BP Batam mencerminkan pertumbuhan yang signifikan dalam aktivitas perdagangan dan logistik di Batam.

"Upaya peningkatan fasilitas pelabuhan dan modernisasi sistem operasional telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap efisiensi dan kelancaran arus barang di pelabuhan," pungkasnya.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper