Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebutuhan Hewan Kurban di Batam Tahun Ini Sebanyak 15.000 Ekor

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam Mardanis menyebutkan kebutuhan hewan kurban pada Iduladha tahun ini cukup tinggi mencapai 15.000 ekor.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BATAM - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam Mardanis menyebutkan kebutuhan hewan kurban di daerahnya pada Iduladha tahun ini cukup tinggi mencapai 15.000 ekor.

"Kebutuhan tersebut terdiri dari 4.000 ekor sapi dan 11.000 ekor kambing. Kelebihan pasokan sapi ini karena banyak pengusaha hewan ternak yang mendatangkan sapi dari luar, sehingga jumlahnya pun semakin banyak," kata Mardanis, Rabu (12/6/2024).

Menurut Mardanis, kebutuhan sapi tiap tahun sebelumnya belum pernah tinggi seperti tahun 2023 dan tahun ini.

"Kalau dari jumlah stok yang ada, lebih banyak tahun lalu. Tapi untuk tahun ini, stoknya berlebih karena pada dasarnya tiap tahun itu kebutuhan berada di kisaran 2.500-3.000 ekor sapi," ungkapnya.

Pihaknya tidak membatasi hewan kurban yang masuk ke Batam, asalkan telah memenuhi syarat utama, mulai dari kesehatan hingga sistem pengangkutan. "Jika sudah dipenuhi, maka bisa masuk saja," tuturnya.

Mardanis juga mengatakan pihaknya akan menurunkan tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum disembelih pada Hari Raya Iduladha mendatang.

Sebelumnya, DKPP Batam mengawasi dengan ketat jalur masuk pengiriman hewan kurban untuk pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sangat menular.

Hewan kurban yang masuk ke Batam tetap diarahkan wajib vaksin dan melengkapi dokumen kesehatan terhadap hewan ternak yang dikirimkan.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper