Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.311 Jemaah Haji Asal Kepri Sudah Berada di Tanah Suci

Seluruh jemaah sejauh ini dalam keadaan sehat. Kalaupun ada jemaah lansia yang harus memakai kursi roda sejauh ini masih bisa ikut melaksanakan ibadah.
Sebanyak 1.311 jamaah haji asal Kepri sudah berada di Mekah. /Istimewa
Sebanyak 1.311 jamaah haji asal Kepri sudah berada di Mekah. /Istimewa

Bisnis.com, BATAM - Sebanyak 1.311 jemaah haji asal Kepulauan Riau (Kepri) sudah berada di Kota Mekkah, dan sedang menunggu puncak ibadah haji di Arafah, Mabid di Muzdalifah.

Kegiatan mereka berikutnya yakni lempar jumroh dan tahalul di Mina pada tanggal 15-21 Juni 2024 atau 8-13 Zulhijjah 1445 H.

Jemaah Haji Kloter 1 asal Kepri ini berangkat pada 12 Mei 2024 kemarin dengan jumlah 446 jemaah, dan turun melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah. Kemudian kloter 2 di hari berikutnya tanggal 13 Mei 2024 dengan jumlah 445 jemaah. Semuanya berangkat melalui embarkasi Batam dan turun di Madinah.

Sedangkan sisanya berangkat di gelombang II yakni Kloter 15 dari Embarkasi Batam dan turun langsung di Bandara King Abdul Aziz (KAA) di Jeddah berjumlah 220 jemaah.

Ketua Kloter 1 Embarkasi Batam Zahid Deraman menyampaikan bahwa seluruh jemaah sejauh ini dalam keadaan sehat. Kalaupun ada jemaah lansia yang harus memakai kursi roda sejauh ini masih bisa ikut melaksanakan ibadah.

Adapun karena perbedaan cuaca antara di Indonesia dan Arab Saudi mengakibatkan beberapa jamaah terkena radang batuk, dan sejauh ini masih bisa ditangani oleh dokter dan petugas kesehatan yang ada di masing-masing kloter.

"Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar. Kami selalu memberi iimbauan kepada para jemaah agar menjaga kesehatan dan jangan terlalu lelah. Selain itu juga diimbau agar mengurangi aktivitas di luar ruangan jika tidak ada keperluan yang mendesak mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas. Rata-rata suhu mencapai 43-45 derajat," kata Zahid, Jumat (31/5/2024).

Sebagai ketua kloter, Zahid juga mengaku selalu melakukan koordinasi dengan petugas sektor yang ada di Arab Saudi serta petugas maktab. Dengan harapan proses ibadah haji jemaah dari Kepri bisa berjalan lancar hingga masa pemulangan nanti.

"Komunikasi dan koordinasi kita lakukan secara intens dengan para petugas haji yang ada disini. Bimbingan ibadah juga rutin diberikan setiap selesai salat lima waktu. Kami mohon doa agar pelaksanaan Haji ini berjalan lancar sampai masa pemulangan nanti," pungkasnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper