Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momen Iduladha, Jumlah Pemotongan Hewan Kurban di Riau Naik 9,82%

Pemprov Riau mencatat jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada momen Hari Raya Iduladha tahun ini akan meningkat sebesar 9,82% dibandingkan tahun lalu.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau mencatat jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada momen Hari Raya Iduladha tahun ini akan meningkat sebesar 9,82% dibandingkan tahun lalu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan (DKP) Provinsi Riau Masrul Kasmy menyebutkan peningkatan jumlah hewan kurban ini menunjukkan bertambahnya minat masyarakat beribadah kurban di tahun ini.

"Alhamdulillah tahun ini pemotongan hewan kurban di Provinsi Riau diprediksi mengalami kenaikan 9,82% atau 3.664 ekor menjadi 44.376 ekor hewan kurban," ujarnya, Senin (20/5/2024).

Dari data DKP Riau, pada 2023 lalu jumlah hewan kurban yang dipotong di kabupaten kota se-Riau sebanyak 40.712 ekor. Angka ini mengalami penurunan sebesar 13,4% apabila dibandingkan periode 2022 yang sebanyak 47.016 ekor. 

Pada tahun ini, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban, agar melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang akan dibeli.

Kemudian juga bisa memeriksa surat keterangan dari dokter hewan dan dinas terkait, yang memastikan hewan kurban itu berada dalam kondisi sehat untuk dipotong pada momen Iduladha.

"Kita menyarankan masyarakat dapat membeli hewan kurban yang sudah ada surat kesehatan hewannya, dan sudah dipastikan sudah diperiksa oleh dokter hewan. Baik itu hewan kurban dari dalam Riau maupun luar Provinsi Riau," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper