Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Periode Mudik Lebaran, Seluruh Pelabuhan di Batam Angkut 580.867 Penumpang

Selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, seluruh pelabuhan di Batam melayani sebanyak 580.867 penumpang.
Penumpang padati Pelabuhan Punggur saat arus mudik 2024/Istimewa
Penumpang padati Pelabuhan Punggur saat arus mudik 2024/Istimewa

Bisnis.com, BATAM - Selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, seluruh pelabuhan di Batam melayani sebanyak 580.867 penumpang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 11% dibanding tahun 2023 yang sebesar 521.000 orang.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Badan Pengusahaan (BP) Batam Dendi Gustinandar mengatakan angka jumlah penumpang tersebut dimulai dari 26 Maret 2024 hingga 14 April 2024, yang dikumpulkan dari pelabuhan domestik (Punggur dan Sekupang), dan pelabuhan ferry internasional (Batam Centre dan Sekupang) di Batam.

"Peningkatan tertinggi berada di pelabuhan domestik yakni sebesar 15% atau mencapai 316 ribu penumpang. Hal ini menunjukkan tren positif mengingat tidak adanya lagi kebijakan pembatasan bepergian dari pemerintah pusat," kata Dendi, Selasa (16/4/2024).

Dendi kemudian menjelaskan bahwa puncak arus mudik di pelabuhan domestik terjadi pada 7 April 2024 dengan jumlah penumpang meninggalkan Batam sebanyak 16.795 orang. Sedangkan untuk arus balik pada 14 April 2024, dimana sudah terjadi peningkatan dengan jumlah penumpang datang mencapai 17.541 orang. 

Dendi memprediksi jumlah penumpang yang datang akan terus bertambah apalagi kegiatan perkantoran dan sekolah akan kembali normal mulai 16 April 2024.

Berdasarkan data dari BUP BP Batam, pelabuhan domestik dengan jumlah penumpang terpadat selama arus mudik dan arus balik 2024, yakni Telaga Punggur, dengan total penumpang datang dan berangkat mencapai 139.000 penumpang. Pelabuhan ini melayani penumpang tujuan Tanjung Pinang, Dabo Singkep, Tanjung Uban, Tarempa, dan Sei Tenam.

Sedangkan untuk pelabuhan ferry internasional, pelabuhan Batam Centre melayani penumpang datang dan berangkat, dengan total mencapai 154.000 penumpang. Pelabuhan ini melayani penumpang tujuan Malaysia (Stulang Laut dan Pasir Gudang) serta Singapura (Harbour Front dan Tanah Merah).

Selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, BUP BP Batam juga telah menyiagakan empat posko angkutan laut yang tersebar di beberapa titik, antara lain Pelabuhan Domestik Telaga Punggur dan Sekupang, Pelabuhan Ferrry Harbour Bay dan Pelabuhan Pelni di Batuampar.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper