Rangking 4 Paling Efisien, Bank Nagari masuk 45 Bank Terbaik

PT Bank Nagari menjadi salah satu bank pembangunan daerah yang dinilai memiliki kinerja bagus sehingga masuk ke dalam Majalah 45 Bank Terbaik 2023
Bank Nagari./JIBI
Bank Nagari./JIBI

Bisnis.com, SUMATRA - PT Bank Nagari menjadi salah satu bank pembangunan daerah (BPD) yang dinilai memiliki kinerja bagus sehingga turut menjadi perhatian Bisnis Indonesia Group melalui Majalah 45 Bank Terbaik 2023. Dimana PT Bank Nagari masuk ke kategori perbankan daerah paling efisien urutan empat.

Bank kebanggaan masyarakat Sumatra Barat itu, dinilai telah memberikan peran dalam industri perbankan bagi bisnis dan perekonomian.

Di dalam Majalah 45 Bank Terbaik 2023 tersebut, kinerja Bank Nagari dilihat pada saat kondisi kuartal III/2023 lalu, dimana ketika itu Bank Nagari mampu mencatatkan laba bersih senilai Rp388,16 miliar.

Nilai tersebut bertumbuh 9,38% jika dibandingkan dengan periode serupa tahun 2022 Rp354,86 miliar. Penguatan dari sisi bottom line sejalan dengan pendapatan bunga Bank Nagari yang meningkat 8,51% (yoy) dari Rp1,93 triliun menjadi Rp2,1 triliun.

Bersamaan dengan kenaikan pendapatan bunga, Bank Nagari menanggung beban bunga sebesar Rp718,92 miliar atau lebih tinggi 31,27% (yoy) dari sebelumnya Rp547,67 miliar.

Alhasil, pendapatan bunga bersih Bank Nagari tercatat turun tipis 0,51% menjadi Rp1,376 triliun selama sembilan bulan pertama di 2023 dibandingkan dengan sebelumnya Rp1,383 triliun per akhir September 2022.

Selanjutnya, di dalam Majalah 45 Bank Terbaik 2023 tersebut, kinerja Bank Nagari juga terpantau membukukan pendapatan selain dari bunga sebesar Rp152,74 miliar per kuartal III/2023.

Angka tersebut naik 7,66% (yoy) dari semula Rp141,88 miliar. Adapun beban selain bunga yang ditanggung bank yakni senilai Rp1,06 triliun atau berkurang 2,84% (yoy) dari Rp1,09 triliun. Sementara bank mencatatkan provisi sebesar Rp17,18 miliar per kuartal III/2023.

Untuk diketahui, Majalah 45 Bank Terbaik 2023 tersebut bukanlah kali pertama diterbitkan, tapi sudah dimulai sejak tahun 2019.

Kali ini, diterbitkan buku berformat majalah berjudul 45 Bank Terbaik 2023 ini melalui bendera DataIndonesia.id yang juga merupakan bagian dari produk Bisnis Indonesia Resources Center.

Pada Majalah 45 Bank Terbaik 2023 merangkum bank-bank dengan kinerja terbaik dan paling efisien dalam 3 tahun terakhir berdasarkan kriteria tertentu. Bank-bank tersebut dipilih dari lebih 100 bank yang tercatat di Otoritas Jasa Keuangan per Desember 2023.

Ada beberapa hal yang diharapkan menjadi manfaat bagi terbitnya majalah ini. Pertama, untuk memberikan gambaran mengenai perkembangan industri perbankan terutama dalam 3 tahun terakhir, terkhusus lagi pada satu tahun terakhir. Majalah ini diharapkan memberikan potret singkat mengenai para pemain kunci dalam industri perbankan di Indonesia.

Kedua, sebagai sarana branding bagi bank dengan kinerja baik dan paling efisien. Kinerja yang baik dan pertumbuhan yang signifikan di tengah tantangan yang amat berat tentu menjadi bukti bahwa bank yang masuk dalam 45 Bank Terbaik 2023 ini layak mendapat apresiasi.

Ketiga, menjadi sarana menjalin kerja sama antara perbankan dengan Bisnis Indonesia Group, khususnya melalui DataIndonesia.id. Tidak kalah penting, majalah ini berupaya menekankan sisi positif dan pencapaian bank pada tahun 2023 yang penuh tantangan.

Majalah ini merupakan apresiasi terhadap kinerja bank yang terbukti kokoh dan tetap efisien. Selain itu, bank-bank yang belum masuk dalam cakupan majalah ini bukan berarti tidak baik atau tidak efisien karena penerbitan majalah ini bukan untuk tujuan memberikan stigma atau penilaian negatif lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper