Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang Jelang Ramadan, Penumpang Bandara Pekanbaru Tembus 25.000 Lebih

Jumlah penumpang domestik di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru melonjak selama libur panjang hari raya Nyepi dan bulan suci Ramadan.
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru./Istimewa
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru./Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Jumlah penumpang domestik di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru melonjak selama libur panjang menyambut hari raya Nyepi dan bulan suci Ramadan pada 9-12 Maret 2024.

Selama empat hari libur, jumlah penumpang yang datang maupun pergi mencapai 25.924 orang.

Eksekutif General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko menjelaskan bahwa lonjakan ini disebabkan oleh kegiatan ziarah kubur menjelang Ramadan, dan momen long weekend yang bersamaan dengan Hari Suci Nyepi, dari Sabtu hingga Selasa.

"Hari libur yang cukup panjang ini dimanfaatkan masyarakat untuk pulang pergi dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Jumlah penumpang selama empat hari mencapai 25.924 orang, dengan puncaknya pada hari Sabtu mencapai 8.402 orang, dan Selasa mencapai 6.028 orang," katanya Rabu (13/3/2024).

Dijelaskan Radityo, untuk volume penerbangan maskapai yang beroperasi di Bandara SSK II Pekanbaru, hari Sabtu sebanyak 72 pesawat, dengan jumlah penumpang 8.402 orang.

Lalu pada Minggu (10/3/2024) tercatat 62 pesawat, dengan jumlah penumpang 6.979 orang, dan pada Senin (11/3/2024) 50 pesawat jumlah penumpang 4.875 orang, dan Selasa (12/3/2024) 60 pesawat dengan jumlah penumpang 6.028 orang. 

Dia menjelaskan bahwa jumlah penerbangan maskapai selama long weekend juga meningkat, dengan total 244 penerbangan, tertinggi pada hari Sabtu sebanyak 72 penerbangan.

Untuk menghadapi lonjakan penumpang, Bandara SSK II Pekanbaru telah melakukan persiapan, termasuk pengecekan fasilitas dan penebalan keamanan, serta berkoordinasi dengan semua pihak terkait. 

"Selain itu, bandara juga telah mempersiapkan diri untuk Angkutan Lebaran 2024 dengan menyiapkan Posko Angkutan Lebaran yang akan beroperasi dari H-10 hingga H+10," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper