Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPMT Siap Kawal Arus Logistik di Penghujung Tahun 2023

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) berkomitmen siap mengawal arus logistik selama periode akhir tahun 2023.
SPMT menjamin seluruh aktivitas dan operasional di semua pelabuhan yang dikelola berjalan normal.
SPMT menjamin seluruh aktivitas dan operasional di semua pelabuhan yang dikelola berjalan normal.

Bisnis.com, MEDAN – PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) berkomitmen siap mengawal arus logistik selama periode akhir tahun 2023.

Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal Arif Rusman Yulianto mengatakan kendati masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang operasi terminal multipurpose ini tetap menjamin seluruh aktivitas dan operasional di semua pelabuhan yang dikelola berjalan normal.

“Ini tidak terlepas dari peran penting SPMT sebagai bagian dari mata rantai logistik utama nasional. Jadi, di akhir tahun ini, kami memastikan pelaksanaan arus keluar masuk barang di pelabuhan tetap berjalan lancar,” kata Arif dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (28/12/2023).

Dikatakan Arif, pelayanan terbaik bagi pengguna jasa khususnya pada periode Nataru 2023/2024 ini, dalam praktiknya diwujukan SPMT melalui proses transformasi berupa standarisasi operasional terminal nonpetikemas dan aspek standar komersial.

Ia menjelaskan, keuntungan dari standarisasi itu salah satunya ialah akan mengurangi biaya logistik kepelabuhanan di Indonesia, khususnya untuk kegiatan nonpetikemas sehingga semakin efisien.

Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Yon Irawan mengatakan segmen non-petikemas di Indonesia pada prinsipnya memiliki potensi besar dengan melihat penyebaran komoditi baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan industri.

"Standarisasi pola operasional dan pelayanan menjadi kebutuhan agar dapat memenuhi ekspektasi para pengguna jasa dan berkontribusi pada efektivitas biaya logistik nasional,” tegas Yon Irawan.

Guna memastikan kelancaran arus logistik pada pelaksanaan Nataru 2023/2024, Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menuturkan, SPMT terus berkoordinasi dengan Otoritas Pelabuhan/KSOP di seluruh wilayah operasional SPMT.

Hal itu untuk tetap memastikan kelancaran logistik di tengah antisipasi peningkatan lalu lintas angkutan barang.

“Koordinasi ini antara lain berkaitan dengan pemantauan kegiatan bongkar muat barang, koordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik sebagai pusat informasi dan pelaporan,” jelas Fiona.

Sebagai informasi, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) mengelola operasional 33 Pelabuhan di seluruh Indonesia termasuk tiga anak perusahaan yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok yg bergerak di bidang terminal nonpetikemas, PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. yang bergerak di terminal kendaraan, serta PT Terminal Curah Utama di bidang layanan pendukung bongkar muat curah. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler