Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Kewirausahaan, Apindo Riau dan Umri Kerjasama Program UMKM Merdeka

Umri dan Apindo sudah memiliki semangat dan kekuatan yang sama dalam mendukung kewirausahaan.
Foto: UMKM Binaan BRI
Foto: UMKM Binaan BRI

Bisnis.com, PEKANBARU-- Apindo Riau bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Riau, dalam mendorong kewirausahaan atau entrepreneurship, melalui program UMKM Merdeka.

Ketua Apindo Riau, Wijatmoko Rah Trisno mengatakan Umri dan Apindo sudah memiliki semangat dan kekuatan yang sama dalam menjalankan kegiatan ini.

"Kami melihat ada terobosan dan kami juga memiliki program yang namanya Apindo UMKM Merdeka yang bekerja sama dengan kampus, yang mana kami seleksi mahasiswa dari berbagai jurusan dan diberikan mentor yang sesuai agar dapat mengarahkan kegiatan mereka selama proses magang," ujarnya Jumat (22/12/2023).

Dia merincikan beberapa bagaimana kegiatan mahasiswa selama menjalani magang di tempat Umkm yang telah dipilih.

"Di samping itu kami juga merekrut UMKM dengan syarat minimal sudah produksi selama 2 tahun dengan omset Rp250 sampai 300 juta. Uniknya setelah mahasiswa berkecimpung dalam bentuk magang dan pendampingan, kegiatan ini diukur dan dievaluasi oleh mentor masing-masing," jelasnya.

Menurutnya program magang ini sudah dilakukan di beberapa Provinsi, antara lain Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau dan provinsi Riau. 

Sementara itu Rektor Umri, Saidul Amin mengajak pihak Apindo untuk berdiskusi mengenai perkembangan ekosistem perdagangan dan pertanian.

"Apindo bukanlah tamu bagi kami sebab sedang berada dirumah sendiri. Namun nanti hal-hal mengenai perkembangan teknologi pemasaran dan lain sebagainya tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami tolong di ajarkan, bagaimana ekosistem yang bagus sebab ada semacam formulasi baru bagaimana kita punya ekosistem perdagangan dan pertanian yang baik," ujarnya.

Selain itu, Saidul Amin juga berharap dengan terjalinnya kerja sama ini akan banyak kegiatan Umri bersama Apindo yang membawa kejayaan di masa yang akan datang.

"Banyak ilmu-ilmu yang kami harapkan dari Apindo dan kami ingin mahasiswa kami sebelum wisuda atau tamat itu mereka punya semangat enterprenuer yang luar biasa apa lagi nanti mereka dibimbing oleh bapak ibu yang juga pengusaha dan memulai dari nol dan membangkitkan semangatnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper