Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Siagakan 1.000 Personel Antisipasi Banjir dan Tanah Longsor

Antisipasi banjir dan tanah longsor, Sumsel siagakan 1.000 personel
Ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir

Bisnis.com, PALEMBANG – Sekitar 1.000 personel gabungan dari berbagai aspek seperti BPBD, Kepolisian, TNI dan lintas instansi di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) telah disiapkan untuk menghadapi ancaman bencana yang akan terjadi di akhir tahun 2023 hingga 2024 mendatang. 

Hal itu dilakukan menyusul peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) terkait kemungkinan bencana Hidrometeorologi akibat perubahan cuaca. 

Pejabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menyebut pada musim hujan yang sudah mulai berlangsung di Sumsel sangat rawan terhadap potensi bencana khususnya banjir dan tanah longsor. 

Oleh karenanya, diperlukan atensi besar di seluruh wilayah utamanya daerah-daerah yang rawan bencana.

“Perlu ada kesiapsiagaan agar kemungkinan bencana itu bisa diatasi, dan kalaupun terjadi kita hindari adanya kerusakan bangunan, wilayah dan juga korban jiwa,” kata Agus usai membuka Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Sumsel Tahun 2023, Kamis (23/11/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, M Iqbal Alisyahbana mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan beberapa daerah rawan bencana pada musim hujan ini. 

Adapun masing-masing wilayah yakni Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara. Kemudian juga Kota Pagar Alam dan Lubuk Linggau.

Iqbal menjelaskan, kerentanan itu dilihat berdasarkan pada letak geografis masing-masing daerah, serta banyaknya tumbuhan yang mati akibat kekeringan di masa El Nino. 

“Kondisi ini perlu diantisipasi mengingat tumbuhan merupakan faktor penting membantu ekosistem alam dalam menyerap air,” sambungnya. 

Sementara terkait penggunaan anggaran, kata dia, akan disesuaikan dengan kondisi di suatu wilayah dan diserahkan pada masing-masing instansi seperti Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan BPBD. 

1700759106_5ed4692e-5bc7-4ba5-92ff-d199403616a0.
1700759106_5ed4692e-5bc7-4ba5-92ff-d199403616a0.

Pejabat Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Agus Fatoni usai memimpin Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Sumsel Tahun 2023. Bisnis/Husnul

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper