Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan Kejati Sumbar

Sebagai lembaga yang menjalankan bisnis, Bank Nagari tidak terlepas dari risiko atau potensi hukum.
Bank Nagari
Bank Nagari

Bisnis.com, PADANG - PT Bank Nagari terus berkomitmen memperkuat dan memberikan kontribusi positif pada sektor perbankan di Provinsi Sumatra Barat melalui penguatan kerja sama dengan kejaksaan tinggi dan kejaksaan tinggi negeri.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad mengatakan kerja sama yang dibangun itu merupakan salah satu bukti nyata sinergisitas antara Bank Nagari dengan Kejati Sumbar dan Kejari se-Sumbar.

"Perjanjian kerja sama itu telah kita lakukan belum lama ini. Jadi isinya lebih ke tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Kerja sama ini penting bagi Bank Nagari," katanya, Senin (25/9/2023)

Dia menjelaskan pelaksanaan kerja sama antara Bank Nagari dengan Kejati Sumbar tersebut, juga diikuti dengan penandatanganan  antara Bank Nagari Kantor Cabang Wilayah Kerja Sumbar dengan Kejari wilayah kerja Provinsi Sumbar.

Menurutnya dengan adanya kerja sama penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara itu, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penanganan dan penyelesaian masalah hukum dalam bidang perdata dan tata usaha negara, baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Irsyad menyebutkan lingkup kerja sama yang dilaksanakan meliputi pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, tindakan hukum dalam rangka penyelamatan kekayaan negara, peningkatan sumber daya manusia dan kerja sama lain dalam rangka mitigasi risiko hukum.

"Melalui kegiatan itu diharapkan dapat memperkuat pondasi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan tetap mengedepankan aspek kepatuhan dan kehati-hatian atau prudential banking, dan juga mitigasi risiko hukum dalam aktivitas operasional perbankan," sebutnya.

Dikatakannya sebagai lembaga yang menjalankan bisnis, Bank Nagari tidak terlepas dari risiko atau potensi hukum. Untuk itu dia berharap dengan adanya kerja sama tersebut, dapat mengantisipasi terjadinya persoalan hukum di kemudian hari.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar Asnawi mengatakan kerja sama yang disepakati bersama Bank Nagari tersebut merupakan bentuk komitmen dari Kejati Sumbar dan seluruh Kejari di Provinsi Sumbar untuk memperkuat sektor perbankan di Provinsi Sumbar.

Dia menambahkan, kerja sama dengan Bank Nagari tersebut dalam bentuk dukungan pada bidang hukum perdata dan tata usaha negara.

"Jika selama ini banyak masalah yang ditemui oleh Bank Nagari dalam bidang hukum perdata, maka Kejati dan Kejari siap membantu," tegasnya.

”Contohnya seperti masalah kredit macet atau bermasalah, kita sounding bersama-sama untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Kami nantinya bisa menjadi fasilitator atau mediator bagi Bank Nagari," sambungnya.

Asnawi mengungkapkan, kerja sama yang dilakukan bersama Bank Nagari sudah dimulai dan dibangun sejak waktu lama. Dengan kerjasama ini, tentu kerja sama yang telah dibangun bisa semakin solid dan kuat sehingga memberikan kontribusi pada sektor perbankan di Sumbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper