Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Pelayaran Batam-Malaysia Semakin Ramai, Ferry Doplhin Buka Rute Baru

Jalur pelayaran Batam menuju Malaysia kembali diisi Ferry Dolphin yang menambah alternatif baru untuk pelancong antardua negara.
Penyeberangan ferry cepat./Ist
Penyeberangan ferry cepat./Ist

Bisnis.com, BATAM - Jalur pelayaran Batam menuju Malaysia kembali diisi oleh operator kapal ferry baru, yakni Ferry Dolphin yang menambah alternatif baru untuk pelancong antar dua negara, dengan rute Harbour Bay di Batam menuju Pasir Gudang di Johor Bahru, Malaysia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengatakan pihaknya menyambut baik pembukaan rute tersebut, karena menambah pilihan baru moda transportasi, serta meningkatkan aksesibilitas ke Batam.

"Fasilitasnya sangat nyaman dan ini makin memudahkan wisatawan baik dari Batam maupun dari Johor untuk berwisata," ujarnya seusai mencoba ferry tersebut, Rabu (6/9/2023).

Ia mengatakan peluncuran rute baru dari Dolphin ini merupakan bagian dari aksesibilitas yang penting bagi pariwisata. Ia mengaku Batam saat ini sudah semakin bagus dari sisi amenitas, aksesibilitas, hingga atraksinya.

"Malaysia merupakan salah satu negara tertinggi menyumbang jumlah kunjungan wisatawan ke Batam. Semoga dengan dibuka trip ini makin membangkitkan sektor pariwisata Batam," tambahnya.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam memang semakin meningkat, sehingga membutuhkan tambahan moda transportasi yang optimal.

"Dari sebanyak 121.100 jumlah kunjungan Wisman ke Kepri pada bulan Juli 2023, sebanyak 95.063 atau sebesar 78.49 persennya adalah kunjungan Wisman ke Batam," ucapnya.

Wisman yang berkunjung ke Batam pada bulan Juli 2023 didominasi oleh Wisman berkebangsaan Singapura mencapai 58,70 persen dari total jumlah wisman selama Juli 2023. Pada bulan Juli 2023, jumlah kunjungan wisman berkebangsaan Singapura ke Batam sebanyak 55.801 kunjungan.

Di tempat kedua, kunjungan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 13.923 kunjungan, selanjutnya diposisi ketiga Wisman asal India dengan 3.277 kunjungan, China sebanyak 2.336 kunjungan ,Philipina 2.265 kunjungan, Amerika Serikat sebanyak 855 kunjungan. Wisman kebangsaan Jepang sebanyak 754 kunjungan, Australia sebanyak 744 kunjungan, Inggris sebanyak 647 kunjungan serta wisman berkebangsaan Jerman sebanyak 256 kunjungan.

Sementara itu perwakilan manajemen Dolphin, Acun mengatakan pihaknya meluncurkan trip pertama dari Batam ke Johor dan sebaliknya. "Untuk trip ini akan dilayani dua kapal yang akan melayani tiga trip pulang pergi," ujarnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper