Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Rumah Rusak Berat Akibat Banjir Bandang di Agam Sumbar

Akibat bencana itu, terdapat dua orang yang meninggal dunia yang berada di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani.
Alat berat sedang membersihkan material tanah longsor di Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Selasa (18/7/2023)./Antara-Kominfo Agam.
Alat berat sedang membersihkan material tanah longsor di Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Selasa (18/7/2023)./Antara-Kominfo Agam.

Bisnis.com, AGAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, mencatat dampak dari bencana banjir bandang yang terjadi pada 37 titik menyisakan sejumlah duka bagi masyarakat.

Kalaksa BPBD Agam Edi Busti mengatakan data terbaru terdapat tanah longsor terjadi di 37 titik di Kecamatan Tanjung Raya dan terdapat ratusan rumah yang terdampak. "Ada 160 unit rumah yang rusak. Dari jumlah itu, terdapat 96 unit diantaranya rusak ringan, 25 unit rusak sedang, 39 unit rusak berat,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023).

Dia menyebutkan akibat bencana itu, terdapat dua orang yang meninggal dunia yang berada di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani. Lalu ada fasilitas pendidikan yang terdampak bencana tercatat dua unit yakni SMPN 4 Tanjung Raya dan SMA Cendekia, fasilitas ibadah sebanyak empat unit terdiri dari masjid dan mushola.

Serta fasilitas pemerintahan yang mengalami kerusakan sebanyak dua unit, yakni Kantor Wali Nagari Tanjung Sani dan Kantor Wali Jorong Sigiran.Kerusakan infrastruktur berupa jembatan sebanyak empat unit.

Kerusakan lainnya sebanyak enam unit yang meliputi bangunan bengkel perabot, gudang kelompok pengolahan ikan dan sarana olahraga. "Jumlah jiwa yang terdampak sebanyak 600 jiwa atau sekitar 160 KK,” jelasnya.

Upaya yang dilakukan lanjutnya, memastikan material longsor yang menutupi jalan selesai dikerjakan paling lambat Rabu depan. Saat ini alat berat diturunkan sebanyak 6 unit.

“Saat ini posko tanggap darurat bencana alam sudah berdiri. Aktivitasnya melanjutkan validasi data dan assesment, menerima dan mendistribusikan bantuan logistik, aktivasi dapur umum lapangan,” katanya.

Dalam perkembangan lain, ruas jalan kabupaten di Tanjung Sani menuju Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang tertimbun tanah longsor, Kamis (13/7) malam sudah berangsur-angsur terbuka, Selasa (18/7/2023).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Agam Antono di Lubuk Basung, mengatakan pembersihan material tersebut menggunakan empat unit alat berat. "Alat berat masih membersihkan material tanah longsor di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya," katanya.

Ia mengatakan curah hujan tinggi pada Kamis (13/7) malam sampai Jumat (14/7) pagi, mengakibatkan tanah longsor di Nagari Koto Malintang dan Nagari Tanjung Sani. Material tanah longsor menutup ruas jalan kabupaten dan provinsi di dua nagari atau desa adat di beberapa titik.

"Sebagian titik tanah longsor sudah selesai dibersihkan alat berat," katanya.

Ia menambahkan, titik longsor di Pangkal Tanjung, Jorong Pantas Nagari Tanjung Sani saat ini sedang dilakukan pembersihan oleh alat berat dari Pemerintah Provinsi Sumbar dan beberapa jam sudah selesai dibersihkan. Untuk material longsor yang berada di SMPN 4 Tanjung Raya tersebut masih dibersihkan alat berat.

"Pembersihan material tanah longsor diupayakan selesai dalam waktu dekat," katanya. Salah seorang warga Tanjung Sani Yusril mengatakan saat ini masih ada sekitar 15 titik tanah longsor dengan ukuran bervariasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper