Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lift Berisi 9 Orang Jatuh, 7 Orang Meninggal, Ini Langkah Polisi

Berdasarkan hasil pengamatan, lift yang ditumpangi sembilan orang tersebut memang untuk memuat barang dan ukurannya pun kecil.
Dirkrimum Polda Lampung Kombes Pol Reynold Hutagalung (kiri) sedang meninjau tempat kejadian perkara kecelakaan lift di Sekolah Az-Zahra, Bandarlampung, Kamis (6/7/2023)./Antara-Dian Hadiyatna.
Dirkrimum Polda Lampung Kombes Pol Reynold Hutagalung (kiri) sedang meninjau tempat kejadian perkara kecelakaan lift di Sekolah Az-Zahra, Bandarlampung, Kamis (6/7/2023)./Antara-Dian Hadiyatna.

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG - Polda Lampung melakukan pendalaman apakah terdapat unsur pidana atau tidak terkait kecelakaan lift di Sekolah Az-Zahra yang menewaskan tujuh orang.

"Kami sedang melaksanakan tugas dalam penyelidikan apakah ada suatu kelalaian kerja pada kecelakaan lift tersebut guna menentukan apakah adanya peristiwa pidana atau tidak," kata Dirkrimum Polda Lampung Kombes Pol. Reynold Hutagalung usai meninjau tempat kejadian perkara (TKP) di Sekolah Az-Zahra, Bandarlampung, Kamis.

Reynold mengatakan kepolisian, baik dari Polda Lampung dan Polresta Bandarlampung, saat ini bekerja sama dengan pihak Yayasan Az-Zahra untuk melakukan investigasi terkait kapan dimulainya kontrak kerja sama dengan pemborong yang merenovasi area olahraga di sekolah tersebut.

"Ini yang sedang kami lakukan pendalaman sejak kapan perusahaan ini melaksanakan renovasi di Az-Zahra. Jadi, akan dicek dan recheck dalam hal kerja sama antara pihak Az-Zahra dan perusahaan yang diberikan mandat," tambahnya.

Menurut Reynold, berdasarkan hasil pengamatan, lift yang ditumpangi sembilan orang tersebut memang untuk memuat barang dan ukurannya pun kecil.

"Liftnya tidak besar. Jadi, kalau sembilan orang masuk, sudah pasti berhimpitan. Sewajarnya juga lift ada kapasitas maksimum. Terlebih, lift ini untuk barang tapi diisi orang. Ini juga yang akan kami lakukan pendalaman terhadap dampak yang mengakibatkan sembilan orang mengalami kecelakaan kerja," katanya.

Reynold pun meminta agar pihak Sekolah Az-Zahra dapat secara proaktif memberikan keterangan yang sebenar-benarnya atas peristiwa yang memakan korban jiwa tujuh orang tersebut.

Sebelumnya telah terjadi kecelakaan kerja di salah satu institusi pendidikan TK-SD-SMP Az-Zahra Kota Bandarlampung pada Rabu (5/7) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kecelakaan kerja itu terjadi ketika lift yang digunakan sembilan orang pekerja yang tengah mengerjakan pembangunan area olahraga di sekolah tersebut jatuh. Hingga mengakibatkan tujuh orang pekerja yang ada di dalamnya meninggal dunia serta dua orang lainnya dalam perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Az-Zahra Iqbal Hafidz Hakim mengatakan bahwa pengerjaan renovasi area olahraga di lantai lima sekolah itu dikerjakan secara borongan. "Pekerjaan ini borongan, tidak tender dan sudah berjalan dari bulan tiga; tetapi untuk vendornya ini, saya tidak tahu, untuk pengawasan kerja juga dilakukan oleh pihak pemborong," kata Iqbal.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung menyatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pendalaman kasus kecelakaan kerja di institusi pendidikan Az-Zahra yang mengakibatkan tujuh dari sembilan pekerja meninggal dunia.

"Mengenai insiden kecelakaan kerja yang terjadi di sekolah Az-Zahra, setelah mendapatkan informasi tersebut segera mengirimkan tim teknis yang punya spesialisasi di peralatan kerja ke lokasi," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Agus Nompitu, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan melalui tim pengawasan tenaga kerja tersebut, pihaknya akan menginvestigasi secara rinci dengan bekerjasama pihak kepolisian untuk mendalami kasus kecelakaan kerja tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler