Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Iduladha, Harga Ayam Ras dan Telur Ayam di Riau Naik

Harga telur ayam ras dan ayam potong di Provinsi Riau terus mengalami kenaikan, terutama menjelang Hari Raya Iduladha 1444 H.
Pedagang menunjukkan telur./Bisnis-Fanny Kusumawardhani
Pedagang menunjukkan telur./Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, PEKANBARU - Harga telur ayam ras dan ayam potong di Provinsi Riau terus mengalami kenaikan, terutama menjelang Hari Raya Iduladha 1444 H yang jatuh pada 29 Juni 2023. Pemerintah Provinsi Riau berjanji akan mengambil langkah-langkah untuk menjaga stabilitas ketersediaan komoditi ini di pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) Provinsi Riau, M Taufiq OH, mengungkapkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab kenaikan harga telur ayam dan ayam potong di Riau saat ini.

"Harga sembako menjelang Hari Raya Iduladha 1444 H memang mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya, termasuk harga telur ayam dan ayam potong," ujar Taufiq pada Kamis (22/6/2023).

Dari pantauan di lapangan, harga daging ayam ras saat ini mencapai Rp30.000 hingga Rp31.000 per kilogram. Sedangkan harga telur ayam ras berada di rentang Rp28.000 - Rp29.000 per 15 butir atau sekitar 1 kilogram.

Taufiq menegaskan pemda akan tetap berupaya untuk menjaga ketersediaan komoditas ini di pasaran, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Dia menjelaskan harga telur ayam yang mengalami kenaikan disebabkan oleh naiknya harga pakan ternak di pasaran. Hal ini memaksa para peternak ayam untuk mengeluarkan modal yang lebih besar dan menjual telur dengan harga lebih tinggi saat dilepas ke pasaran.

Selain itu, hingga saat ini Riau masih sangat bergantung pada suplai telur ayam ras dari peternak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Diketahui sekitar 90 persen telur ayam yang dijual di Riau berasal dari daerah tersebut. Menurutnya faktor ini jugalah yang berkontribusi terhadap kenaikan harga jual telur ayam, terutama dalam sebulan terakhir.

Hal yang serupa terjadi pada ayam potong atau daging ayam ras. Harga pakan yang tinggi juga menyebabkan kenaikan harga jual daging ayam saat dilepas ke pasaran.

"Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen untuk mengambil tindakan yang diperlukan guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan telur ayam dan ayam potong menjelang Hari Raya Iduladha. Kami bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh peternak dan memastikan pasokan yang memadai bagi masyarakat Riau," ungkapnya.

Dia menambahkan, meski terjadi kenaikan harga, diharapkan dengan upaya yang dilakukan pemerintah daerah dan semua pihak terkait, masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan mereka karena pemda memastikan keamanan stok telur ayam ras dan daging ayam potong menjelang Hari Raya Iduladha tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper