Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Siapkan Program Dukungan Gernas BBI/BBWI

Pemerintah Provinsi Riau bersiap menyambut acara puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau bersiap menyambut acara puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) pada akhir Juli 2023.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Provinsi Riau Taufiq OH menjelaskan untuk mendukung kegiatan itu, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM.

"Sebagai persiapan, sejak Maret hingga Mei 2023, Pemprov Riau telah melaksanakan 39 kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM," ungkapnya, Rabu (7/6/2023).

Dia memaparkan kegiatan tersebut meliputi pendampingan UMKM untuk ekspor, yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, pelatihan digitalisasi ekspor yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, serta pelatihan bagi pelaku UMKM seperti kurasi sosialisasi atau edukasi, bimtek, e-smart, dan business matching. 

Kemudian kolaborasi antara Disperindagkop dan UMKM Riau dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan asosiasi ecommerce Indonesia atau IDEA, juga telah dilakukan dalam upaya mendukung UMKM di Riau.

Sementara itu, selain mendorong sektor UMKM, Pemerintah Provinsi Riau juga giat mengembangkan destinasi wisata di daerah sebagai bagian dari Gernas BBI dan BBWI. 

Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, M. Job Kurniawan menjelaskan beberapa langkah yang telah dilakukan antara lain mereview rencana induk dan rencana detail Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pulau Rupat, merancang masterplan Danau PLTA Koto Panjang, dan merehabilitasi toilet di Istana Siak. 

"Selain itu, dilakukan pula pembinaan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) bidang destinasi serta pengembangan sumber daya pariwisata (SDP) melalui lomba desa wisata, fasilitasi sertifikasi bagi pelaku pariwisata, dan pembinaan kreativitas usaha di sekitar objek wisata atau desa wisata," ungkapnya.

Dia menyebutkan pemprov juga telah melakukan pengembangan ekonomi kreatif, dengan melakukan pembinaan dan pelatihan SDM kepada 1.005 orang di bidang tersebut. Upaya pengembangan destinasi wisata ini juga didukung dengan kegiatan promosi melalui media, exploring tour, pameran promosi, dan event pariwisata.

Terkait hal ini, dari data BPS Riau menunjukkan kunjungan wisatawan di wilayah itu tercatat mengalami peningkatan, khususnya dari Wisatawan mancanegara. Hingga bulan April 2023, tercatat sebanyak 6.447 wisatawan mancanegara (Wisman) telah mengunjungi Provinsi Riau, menunjukkan peningkatan sebesar 95,56 persen dibandingkan periode sebelumnya. 

Dari data kunjungan wisma tersebut, angka paling tinggi berasal dari Pelabuhan Dumai, sebagai pintu masuk terbanyak dengan 2.630 kunjungan, diikuti oleh pelabuhan Bengkalis dengan 1.179 kunjungan, Pelabuhan Tanjung Harapan di Kabupaten Kepulauan Meranti dengan 218 kunjungan, dan Bandara SSK II dengan 2.450 kunjungan.

Dengan persiapan yang intensif ini, Pemerintah Provinsi Riau berharap dapat menciptakan momentum yang positif dalam Gernas BBI dan BBWI, serta meningkatkan eksistensi UMKM dan sektor pariwisata di wilayah tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper