Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Batam Segera Layani Penerbangan ke Incheon Korea dan Kuala Lumpur

Setelah kunjungan perdana 189 wisatawan mancanegara (wisman) asal Korea Selatan 20 Mei kemarin, pengelola bandara akan mengembangkan rute Incheon-Batam.
Pesawat Jeju Air yang membawa 189 warga Korea ke Batam, 20 Mei lalu./Dok BIB
Pesawat Jeju Air yang membawa 189 warga Korea ke Batam, 20 Mei lalu./Dok BIB

Bisnis.com, BATAM — Setelah kunjungan perdana 189 wisatawan mancanegara (wisman) asal Korea Selatan 20 Mei kemarin, pengelola Bandara Hang Nadim yakni PT Bandara Internasional Batam (BIB) akan mengembangkan rute Incheon-Batam. Mitra yang akan diajak dalam kerja sama ini yakni salah satu pemegang saham BIB, Incheon International Airport Corporation (IIAC).

"Kerja sama ini dikembangkan bersama maskapai penerbangan Korea yaitu Jeju Air dan Jin Air, serta ekosistem pariwisata Batam terkait dengan pengembangan paket perjalanan menuju Batam. BIB juga aktif untuk melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat untuk mendapatkan dukungan extra bilateral atas traffic rights antar negara mengingat khusus untuk penerbangan internasional berlaku perjanjian internasional antar negara," kata Vice President Corporate Secretary, Aidihil P Julian di Batam, Senin (22/5/2023).

Sebagai langkah awal, BIB telah menyelenggarakan promosi Batam kepada pelaku usaha travel Korea, dengan menyelenggarakan kegiatan familirization trip, 15-17 Januari 2023.

"Kami memperkenalkan pengalaman langsung fasilitas dan area wisata andalan Batam dan Bintan, termasuk wisata olah raga golf yang merupakan tren gaya hidup di Korea," imbuhnya.

Selanjutnya tahapan tersebut berlanjut dengan penerbangan charter Jeju Air, yang membawa 189 warga Korea untuk menikmati paket liburan tiga hari di Batam, 20 Mei lalu.

Disamping mengembangkan rute Incheon-Batam, BIB juga dalam tahap diskusi dengan Air Asia Berhad untuk membuka rute penerbangan langsung ke Kuala Lumpur, Malaysia secara reguler. 

"Tim Air Asia Berhard telah datang melihat langsung fasilitas Bandara Hang Nadim dan direncanakan penerbangan tersebut akan aktif di bulan Juli mendatang dan untuk itu BIB juga mendorong konektifitas Air Asia Berhad diharapkan dapat tersambung dengan Air Asia Indonesia sehingga Batam dapat menjadi titik hub rute Air Asia ke pasar domestik," paparnya.

Upaya pengembangan rute yang dilakukan BIB merupakan salah satu strategi transformasi layanan Bandara Hang Nadim yang akan diimplementasikan untuk 5 tahun pertama dengan 4 tahapan strategi, yaitu pada tahun 2022 fokus pada transisi dan adaptasi, kemudian pada tahun 2023-2024 fokus pada pengaktifan pengalaman pelayanan kebandarudaraan serta mengaktifkan rute-rute yang pernah dilayani dan mengembangkan rute baru.

"Sedangkan di tahun 2025 akan memperkenalkan revolusi pelayanan dengan pengoperasian Terminal 2 yang merupakan wajah baru Bandara Hang Nadim, serta untuk tahun 2026 merupakan penerapan transformasi secara keseluruhan baik kelembagaan dan pelayanan kepada pelanggan," pungkasnya. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper