Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringati Hari Buruh Internasional, 1000 Massa Akan Unjuk Rasa di Kota Medan

Exco Partai Buruh Sumut akan gelar aksi unjuk rasa serentak untuk memperingati hari buruh Internasional (May Day).
Ilustrasi buruh dari berbagai serikat pekerja melakukan aksi memperingati Hari Buruh Internasional (May Day)/Bisnis-Nurul Hidayat
Ilustrasi buruh dari berbagai serikat pekerja melakukan aksi memperingati Hari Buruh Internasional (May Day)/Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, MEDAN - Executif Comitee (Exco) Partai Buruh Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan gelar aksi unjuk rasa serentak di 32 Kabupaten Kota se Sumut dalam rangka memperingati hari buruh Internasional (May Day) yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2023.

Ketua Exco Partai Buruh Sumut Willy Agus Utomo mengatakan, aksi May Day akan dipusatkan di Kota Medan dengan tujuan aksi di Kantor Gubernur Sumut, Kantor DPRD Sumut, Kantor BPN Sumut dan Bundaran SIB Medan Jalan Gatot Subroto.

Selain itu, nantinya unjuk rasa juga akan dilakukan di Kantor Bupati atau Walikota dan DPRD kabupaten/kota masing-masing.

"Untuk aksi di Inti kota Medan, kita akan mengerahkan massa Partai Buruh dan gabungan serikat buruh Sumut sebanyak seribu orang, massa berasal dari Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara dan Tebing Tinggi, diluar daerah tersebut melakukan aksi dikantor pemerintahan setempat," ucap Willy di Medan, Kamis (28/4/2023).

Hari Buruh Internasional sendiri diperingati sebagai pengingat sejarah perjuangan kaum buruh dunia yang berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan kaum buruh meliputi jam kerja dan istrahat buruh, upah layak, kerja layak, jaminan sosial dan hak kesejahteraan buruh lainnya.

Sementara itu, menurut Willy kondisi kaum buruh di Indonesia hingga saat ini masih sangat jauh dari kata sejahtera, apa lagi dengan telah disahkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Cipta Kerja atau Omnibus Law yang justru telah banyak mengebiri hak-hak kaum buruh Indonesia.

"Maka kami sebagai Partai Klass Pekerja, tetap akan terus menggelar aksi - aksi menuntut perubahan nasib kaum buruh Indonesia menuju buruh sejahtera rakyat sejahtera," tegasnya.

Lebih lanjut, Willy menghimbau kepada seluruh Elemen Serikat Pekerja Serikat Buruh (SP/SB) se-Sumut untuk bersatu dalam menyuarakan kesejahteraan kaum buruh dan anggotanya, dengan bergabung dalam aksi hari buruh Internasional nantinya.

"Kekuatan kaum buruh di Sumut sebenarnya sangat diperhitungkan. Karena Sumut ini selain banyak SP SB-nya, kita adalah salah satu wilayah basis pekerja buruh terbesar setelah Jawa. Jika kompak bersatu pastinya suara buruh Sumut dapat didengar pemerintah pusat," ungkap Willy.

Sementara Sekretaris Partai Buruh Sumut Ijon Tuah Hamongan Purba menjelaskan bahwa dalam aksi Mayday 2023, Partai Buruh Sumut mengusung 9 poin tuntutan aksi baik Nasional maupun lokal antara lain, Cabut UU Nomor 6 Tentang Cipta Kerja (Omnibus Law), Tolak RUU Kesehatan, Sahkan RUU Pekerja Rumah Tangga, Reforma Agraria dan Pangan Untuk Kedaulatan Rakyat Pilih Presiden 2024 Yang Peduli Kaum Buruh dan Rakyat Kecil, Tolak Parlementary Treshold 4 Persen, dan menyelesaikan kasus-kasus perburuhan di Sumut.

Ijon juga menambahkan pada aksi nanti pihaknya akan mengerahkan seribuan massa yang berasal dari kader partai buruh dan elemen SP SB yang tergabung dalam Partai Buruh Sumut.

Sedangkan untuk rute aksinya di Medan, titik kumpul massa buruh nantinya berada di depan Istana Maimun pada pukul 09.00 WIB, dan kemudian melakukan long march (aksi jalan kaki) menuju kantor BPN Sumut, Bundaran SIB, Kantor Gubernur Sumut dan Kantor DPRD Sumut.

"Selain di Sumut, Aksi May Day Partai Buruh digelar juga serentak di seluruh Provinsi di Indonesia, pusat aksi di Jakarta dengan puluhan ribu massa partai buruh, semoga dengan aksi May Day ini nantinya ada perhatian pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan kaum buruh kedepannya," tutup Ijon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper