Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Mudik Diprediksi Melonjak, Konsumsi BBM Diperkirakan Bakal Naik Drastis

Akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat baik melalui jalur darat, laut, maupun udara, yang berpengaruh pada peningkatan konsumsi energi yang dibutuhkan.
SPBU Pertamina. /Istimewa
SPBU Pertamina. /Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) mengupayakan stok dan distribusi bahan bakar minyak (BBM) di wilayah kerjanya aman selama masa mudik lebaran tahun 2023. 

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih mengatakan, akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat baik melalui jalur darat, laut, maupun udara, yang berpengaruh pada peningkatan konsumsi energi yang dibutuhkan.

Dia memperkirakan, akan terjadi lonjakan pemudik di ruas jalan Sumbagsel mencapai 40 persen atau sekitar 123 juta unit dibanding masa mudik tahun 2022. 

“Implikasinya tentu adanya peningkatan konsumsi yang diperkirakan mencapai 120 persen dari rata-rata normal setiap harinya,” ujar Zibali, Sabtu (8/4/2023). 

Menanggapi hal itu, pihaknya telah meminta untuk 24 jam waktu operasional di beberapa titik yang diperkirakan ramai, serta menyiagakan beberapa infrastruktur diantaranya 10 terminal BBM, 2 terminal LPG, 675 SPBU, 62 SPBE, 482 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Selain itu, tambah Zibali, pihaknya juga menambah beberapa layanan tambahan di beberapa titik potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama.

Penambahan layanan tersebut berupa 87 SPBU Siaga, 309 agen siaga, 5.540 outlet pangkalan LPG siaga, 5 unit kiosk pertamina siaga, 15 unit Motorist, dan 16 unit mobil tangki.

“Untuk wilayah Sumsel ada dua tambahan yang disiapkan yaitu 2 SPBU di jalur Tol Trans Sumatra, 2 unit KiosK di jalur Tol Trans Sumatra, dan 10 SPBU kantong,” sambungnya. 

Sementara itu, Area Manager Communications dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak kepolisian guna memastikan proses distribusi tetap aman dan tepat waktu. 

Berkaca pada masa mudik di tahun sebelumnya, lanjut Nikho, terdapat beberapa titik rawan macet yang menyebabkan penyaluran BBM. 

Adapun titik-titik tersebut yaitu Jalan Lintas Timur Sumatra meliputi Jambi-Betung, Betung-Palembang, Banyuasin dan beberapa titik lain di wilayah Lintas Tengah Sumatra Selatan. 

“Jadi nantinya kita minta pihak kepolisian untuk mengawal, seperti yang kita lakukan juga di tahun lalu, agar mobil pengangkut ini bisa lolos dari kemacetan dan distribusi tidak terganggu,” jelas Nikho. 

Lebih lanjut, Nikho menyampaikan bahwa pihak kepolisian akan tergabung dengan satuan tugas (Satgas) Ramadan dan IdulFitri Pertamina Patra Niaga Sumbagsel, yang akan mulai bertugas pada 1 April hingga 2 Mei 2023. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper