Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taman Rusa Sekupang Raup Rp2,7 Miliar dari Kunjungan Turis hingga Maret 2023

Dalam perkembangannya, fasilitas pusat kebugaran tersebut menambah satwa rusa di sekitar jogging track dan pada 2008 berganti nama menjadi Taman Rusa.
Taman Rusa Sekupang (TRS) di Batam
Taman Rusa Sekupang (TRS) di Batam

Bisnis.com, BATAM - Sejak diresmikan sebagai destinasi wisata baru di Kepulauan Riau (Kepri) Maret 2022 lalu, Taman Rusa Sekupang (TRS) di Batam mampu meraup pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp2,7 miliar dari kunjungan turis.

"Terhitung dari 18 Maret sampai 31 Desember 2022, keuntungan yang dihasilkan sekitar Rp2,3 miliar. Sedangkan dari Januari sampai awal Maret 2023 sebesar Rp360 juta," kata General Manager Hunian Gedung, Agribisnis, dan Taman Badan Pengusahaan (BP) Batam Herawan, Selasa (28/3/2023) di Kantor BP Batam.

Pengembangan TRS akan terus berlanjut, salah satunya dengan penambahan fasilitas baru.

"Penambahan yang sudah berjalan kemarin itu adalah tahap 3, seperti pembuatan kolam koi, air mancur, dan perbaikan areal jogging track. Sekarang mau masuk tahap 4, dimana akan bangun teater," tambahnya lagi.

Selain teater, TRS juga akan dilengkapi dengan Food & Beverage Service. "Ini sebagai antisipasi kebutuhan pengunjung yang datang. Hal ini tak terlepas dari prospek kawasan yang cukup bagus dan segmennya juga sudah kelihatan," katanya lagi.

Untuk mengembangkan taman seluas 12 hektare ini, BP Batam telah mengucurkan dana sebesar Rp9 miliar. 

Sekarang, taman ini dilengkapi jalur jogging sepanjang 1 kilometer, dua kolam pemancingan yang telah disemai benih ikan nila dan patin, satu kolam budi daya ikan, dan taman bermain anak.

Taman Rusa buka dari pukul 06.00-18.00 WIB. Tarifnya cukup murah, yakni Rp5.000 pada hari biasa, dan Rp10.000 di akhir pekan.

TRS pada awalnya bernama Pusat Kebugaran Persatuan Istri Karyawan Otorita Batam (PIKORI), yang diresmikan pada 1 April 2000. Saat itu, fasilitasnya berupa jogging track sepanjang 1 kilometer dan bangunan serbaguna untuk kegiatan gymnasium dan olahraga badminton.

Dalam perkembangannya, fasilitas pusat kebugaran tersebut menambah satwa rusa di sekitar jogging track dan pada 2008 berganti nama menjadi Taman Rusa. Pengembangan taman yang signifikan dimulai pada peresmian pertama pada 2000, peresmian kedua pada 2022.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan Jogging Track Taman Rusa Sekupang akan terhubung ke Taman Kolam Sekupang, yang merupakan rangkaian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.

“Kami mohon dukungan masyarakat untuk menjadikan Taman Rusa Sekupang menjadi destinasi wisata andalan bagi masyarakat, baik Batam, Kepri, hingga Nasional,” harapnya. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper