Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Januari 2023, Tingkat Okupansi Hotel di Riau Turun 6,29 Poin

Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Riau pada Januari 2023 sebesar 37,07 persen. 
Ilustrasi hotel - Freepik
Ilustrasi hotel - Freepik

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Riau pada Januari 2023 sebesar 37,07 persen. 

Menurut Plt Kepala BPS Riau Ajid Hajiji, angka tersebut menunjukkan bahwa dari setiap kamar yang disediakan oleh seluruh hotel berbintang yang ada di Provinsi Riau, setiap malam sebanyak 37 persen sampai 38 persen dari total kamar diantaranya telah terjual. 

“Angka TPK tersebut mengalami penurunan sebesar 6,29 poin dibandingkan angka TPK hotel berbintang pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 43,36 persen,” ujar Ajid, Kamis, (2/3/2023).

Dia menambahkan, demikian juga jika dibandingkan dengan TPK periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu 2022 yang tercatat sebesar 40,84 persen, maka TPK pada bulan Januari 2022 mengalami penurunan sebesar 3,77 poin.

“TPK hotel bintang tertinggi di Provinsi Riau dialami oleh hotel bintang 3 yaitu sebesar 42,29 persen,” pungkasnya.

Sementara itu, Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) Asing pada hotel berbintang bulan Januari 2023 selama 3,30 hari. Angka tersebut naik 1,17 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat selama 2,13 hari. 

Sebaliknya, Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) Indonesia pada bulan Januari 2023 adalah 1,24 hari atau turun 0,01 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,25 hari. 

“Secara keseluruhan Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) Asing dan Indonesia pada hotel berbintang bulan Januari 2023 mencapai 1,25 hari atau sama dengan bulan sebelumnya yang tercatat 1,25 hari,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper