Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai 1 Maret 2023, KAI Divre II Sumbar Operasikan Stasiun Pauh Lima Padang

Untuk saat ini tidak semua perjalanan KA Sibinuang melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang dari Stasiun Pauh lima.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PADANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatra Barat mengoperasikan kembali Stasiun Pauh Lima, Padang, terhitung 1 Maret 2023 ini.

Vice President PT KAI (Persero) Divre II Sumbar Sofan Hidayah mengatakan beroperasinya Stasiun Pauh Lima ini diperuntukan untuk kereta penumpang.

Dia menjelaskan Stasiun Pauh Lima ini terbilang sudah cukup lama tidak beroperasi. Dibukanya stasiun itu, dulu pada 16 November 1979 bersamaan dengan pembukaan lintas Bukit Putus–Indarung khusus untuk angkutan Semen Padang.

"Kini kita aktifkan kembali Stasiun Pauh Lima dengan rute sampai ke Stasiun Naras. Pengoperasiannya juga telah dilakukan sejumlah perbaikan rel dan stasiun oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan," katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (1/3/2023).

Sofan menyampaikan untuk mengoperasikan Stasiun Pauh Lima ini, kereta api yang digunakan merupakan KA Sibinuang melayani perjalanan KA dengan relasi Stasiun Pauh Lima – Stasiun Padang – Stasiun Naras (PP) atau total jarak tempuh perjalanan sekitar 75 km untuk satu kali perjalanan.

Dikatakannya untuk saat ini tidak semua perjalanan KA Sibinuang melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang dari Stasiun Pauh lima. 

Dengan demikian, diharapkan kepada masyarakat pengguna KA untuk memperhatikan jadwal keberangkatan KA Sibinuang yang terbaru, atau bisa langsung mengecek melalui aplikasi KAI Access.

Dengan terjadinya perubahan tersebut, jadwal perjalanan KA Sibinuang juga mengalami perubahan dikarenakan waktu tempuh perjalanan KA yang berubah. Sedangkan untuk harga tiket Kereta masih memberlakukan harga tiket biasanya.

"Kereta api yang menggunakan rangkaian Sibinuang ini menyediakan tempat duduk sebanyak 424 untuk KA B2A, B3A, B6A, B7A, B34A, dan 340 tempat duduk untuk KA B1A, B4A, B5A, dan B8A. Untuk harga tiket sebesar Rp 5.000," jelas Sofan. 

Stasiun Pauh Lima merupakan stasiun yang berlokasi dekat dengan Kampus Universitas Andalas . Selain masyarakat umum, KAI berharap nantinya dengan dilakukannya perpanjangan relasi dan penambahan stasiun tersebut, dapat membantu mobilitas mahasiswa yang ingin bepergian baik ke kampus maupun ke pusat kota.

Bagi pelanggan kereta api yang ingin menggunakan KA Sibinuang dapat memesan tiket sekitar 24 jam sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper