Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bapenda Pekanbaru dan DJP Riau Tingkatkan Kerja Sama Penerimaan Pajak

Kerja sama antara DJP, DJPK dan Pemerintah Kota Pekanbaru telah dilakukan sejak 2020 dan selama ini telah berjalan dengan cukup baik.
Bapenda Kota Pekanbaru melakukan kunjungan kerja ke Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau.
Bapenda Kota Pekanbaru melakukan kunjungan kerja ke Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau.

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru melakukan kunjungan kerja ke Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau, untuk membahas tindaklanjut Perjanjian Kerja Sama (PKS) Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal dan Perimbangan Keuangan (DJPK) dan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Alex Kurniawan bersama tim diterima oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Riau Ahmad Djamhari dan jajaran DJP Riau.

Alex menyebutkan ruang lingkup PKS tersebut adalah pembangunan data perpajakan, pelaksanaan pertukaran data perpajakan, pemanfaatan data dan/atau informasi pajak, pelaksanaan pengawasan bersama di bidang perpajakan, pelaksanaan KSWP.

Kemudian koordinasi dalam penyusunan regulasi pajak daerah, pendampingan dan dukungan kapasitas, dukungan kapasitas dalam kegiatan bimbingan teknis dan pendampingan dalam rangka pembinaan administrasi perpajakan daerah dan kegiatan lain yang dipandang perlu dalam rangka optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah sesuai kesepakatan para pihak.

Menurutnya, kerja sama antara DJP, DJPK dan Pemerintah Kota Pekanbaru telah dilakukan sejak 2020 dan selama ini telah berjalan dengan cukup baik.

Kedepannya, Bapenda Kota Pekanbaru berniat lebih intens lagi dalam menyasar berbagai sektor perpajakan yang selama ini dinilai masih belum optimal.

“Salah satu sektor yang masih belum optimal menurut kami adalah Pajak Sarang Burung Walet yang tahun lalu realisasi nya masih jauh dari target yang telah ditetapkan. Bahkan di tahun ini, sampai bulan Februari realisasi dari pajak burung walet masih di bawah Rp20 juta,” ujarnya, Rabu (22/2/2023).

Dia berharap melalui kunjungan ini, keterlibatan serta kerja sama dari Kanwil DJP Riau untuk menggali potensi pajak di Pekanbaru. Tidak hanya bermanfaat bagi pajak daerah, tapi pihaknya yakin banyak potensi di Kota Pekanbaru yang juga akan memberikan manfaat bagi penerimaan pajak pusat.

Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari bersama Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Aspirlantomiardiwidodo menyambut baik niat dan kunjungan dari Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.

“Kami menyambut baik kedatangan Pak Alex dan tim ke Kanwil DJP Riau. Saya selaku Kepala Kanwil DJP Riau yang baru selama ini telah bertemu dengan teman-teman dari daerah seperti Kuansing, Siak dan beberapa pemerintah daerah yang lain. Akhirnya ada kesempatan juga untuk bertemu dengan teman-teman Bapenda Kota Pekanbaru,” ujar Ahmad.

Pihaknya menyebut siap memberikan dukungan dalam berbagai upaya yang nanti akan dilakukan oleh Bapenda Kota Pekanbaru. Selain penggalian potensi tersebut, penyusunan aturan mengenai Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah yang sedang saat ini hangat dibincangkan juga menjadi perhatian bersama. Diskusi lebih lanjut akan diadakan untuk membahas mengenai penyusunan aturan tersebut.

“Semoga ini menjadi awal kerja sama yang lebih baik lagi kedepannya, tidak hanya untuk Pekanbaru, kita harap melalui kerja sama ini, kita juga berkontribusi bagi pembangunan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper